oleh

Puskesmas Plumbon Siap Raih Titel Ramah Anak Nasional

Citrust.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon menunjuk Puskesmas Plumbon sebagai wakil Kabupaten Cirebon dalam program Puskesmas Ramah Anak.

Kadinkes Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni, mengatakan, penunjukkan tersebut berdasarkan hasil inisiasi dan seleksi yang dilakukan Dinkes. Hasilnya menyatakan program kegiatan di Puskesmas Plumbon sudah mengacu pada aspek Puskesmas Ramah Anak.

“Kami sudah menginisiasi dan bukan asal pilih,” terangnya, Selasa (26/2/2019).

Dirinya menyampaikan, indikator Puskesmas Ramah Anak di antaranya, jaminan tersedianya tenaga medis yang memahami tentang hak dan kesehatan anak dan memiliki ruang laktasi yang higienis.

Selain itu, terdapat kelompok pendukung ibu untuk meningkatkan ASI Eksklusif, tersedianya ruang pelayanan khusus untuk anak dan konseling bagi anak.

“Tersedia pula ruang bermain bagi anak yang berjarak aman dari ruang tunggu pasien, kawasan tanpa asap rokok, dan lain-lain,” jelasnya.

Enny menambahkan, sebelumnya, pada 2018 lalu, Puskesmas Beber dinobatkan sebagai Puskesmas Ramah Anak tingkat nasional. Pencapaian itu harus dijadikan acuan oleh puskesmas-puskesmas lain untuk menerapkan pelayanan serupa.

“Kami minta dukungan dan doa agar penobatan Puskesmas Ramah Anak 2019 bisa kembali diperoleh oleh Kabupaten Cirebon,” ucapnya. (Dhika)

BACA JUGA:   Kota Baru Keandra Jual 62 Rumah dalam Waktu Lima Jam

Komentar

News Feed