PT CSI Group Gelar Pelatihan untuk Wujudkan Koperasi Bercitarasa Bank

CIREBON (CT) – PT Cakrabuana Sukses Indonesia (CSI) Group bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) menggelar pelatihan Syariah Service Excellent bagi Customer Service di Gedung Pusdiklat PT CSI Group, Desa Kempek, Kec. Palimanan, Kab. Cirebon. Acara yang digelar selama tiga hari (11-13 Maret) tersebut diikuti sebanyak 36 karyawan frontliner BMT PT CSI Group.

Mereka dibekali dengan materi bimbingan antara lain mengenai  tata cara berbicara (public speaking) kepada nasabah/klien, termasuk cara mengatasi komplain atau keluhan dari nasabah/klien, cara berpenampilan atau berpakaian yang baik, termasuk standar pakaian yang harus dikenakan, bahkan untuk karyawan wanita diberikan arahan untuk berias (make up) yang baik (good looking) di hadapan nasabah/klien.

Kepala Divisi Syariah Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI), Helda Rahmi Sina,mengatakan, BMT PT CSI Group telah melakukan langkah maju dengan mengadakan pelatihan Syariah Service Excellent bagi Customer Service ini. Pernyataan itu bukan tanpa alasan.

BMT PT CSI Group merupakan BMT pertama yang bekerja sama langsung dengan LPPI. Selain itu, BMT PT CSI Group juga telah menunjukan punya kesadaran positif, bahwa jika bergerak di bidang jasa keuangan, ada hal-hal yang harus diperkuat dikarenakan persaingan bisnis yang sangat ketat.

“Salah satu yang harus diperhatikan adalah pelayanan yang prima kepada customer,” katanya, Minggu (13/03).

Dalam kesempatan itu, Helda Rahmi Sina juga mengungkapkan kekagumannya yang ditujukan kepada PT CSI Group, karena dikelola oleh orang-rang yang mempunyai semangat dan kemauan yang tinggi. Hal itu dikatakannya selaras dengan bisnis PT CSI Group yang makin berkembang pesat.

Ia menambahkan, LPPI didirikan oleh Bank Indonesia yang bertujuan membantu meningkatkan kualitas  Sumber Daya Manusia (SDM) di lembaga perbankan dan jasa keuangan. Kerjasama LPPI tidak hanya fokus pada perbankan saja, tetapi juga semua jasa keuangan seperti BMT, koperasi, asuransi dan sebagainya.

BACA JUGA:  Polres Cirebon dan Ponpes Nuurushiddiiq Teken Nota Kesepahaman

Di tempat yang sama, Komisaris sekaligus Pengawa BMT PT Cakrabuana Sukses Indonesia (CSI) Group, Iman Santoso, menjelaskan, pelatihan ini merupakan salah satu agenda PT CSI Group yang telah tertuang dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga perusahaan. Hal itu merupakan salah satu cara untuk mewujudkan pelayanan paripurna kepada anggota BMT

Menurutnya, dalam sebuah lembaga jasa keuangan, dalam hal ini BMT/koperasi, harus ada pelayanan yang prima kepada anggotanya. Bagaimanapun juga, anggota merupakan pihak yang membiayai usaha BMT/koperasi itu sendiri.
“Oleh karena itu, jangan sampai anggota merasa kecewa dikarenakan pelayanan yang dirasakan kurang baik,” katanya.

Pelatihan Syariah Service Excellent selain dapat meningkatkan kualitas SDM perusahaan, para frontliner/karyawan juga dapat memperoleh manfaat positif yang bisa diterapkan di luar perusahaan. Seperti mempunyai kemampuan berbicara (public speaking) yang baik. Kemampuan berbicara yang baik dapat diterapkan misal ketika berdiskusi dengan calon mertua, keluarga, atau teman,

Iman Santoso menambahkan, melalui pelatihan ini pihaknya ingin mewujudkan BMT/koperasi yang mempunyai cita rasa perbankan. Bank dinilai mempunyai pelayanan yang prima disertai manajemen yang sangat baik.

“Hal itu tentu saja sangat luar biasa dan akan berimbas positif bagi BMT/koperasi beserta anggotanya,” pungkasnya. (Haris)

Komentar