oleh

Produksi Rengginang Warga Losari Tembus Pasar Internasional

CIREBON (CT) – Produksi rengginang asal Desa Mulya Sari Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon, tembus pasar Internasional. Dimulai sejak tahun 1999, kini Rengginang buatan warga Malakasari Losari sudah Mendunia.

Makanan khas Cirebon itu, ternyata bukan hanya terkenal di Indonesia saja, cemilan yang merakyat ini ternyata sudah dikenal oleh warga dunia. H. Muhari yg sampai saat ini masih konsisten memproduksi rengginang dengan memperkerjakan warga sekitar rumahnya, sudah mengekspor rengginang hingga ke Timur Tengah, Korea, Thailand, bahkan hingga ke Benua Eropa yakni Belanda.

Dalam sehari, dirinya bisa memproduksi rengginang hingga 3 kwintal. Perbungkus ia jual dengan harga Rp.7.500, tapi, untuk harga pasar luar negeri harganya bisa mencapai Rp.40.000. Dari 1 kwintal, dirinya bisa meraup keuntungan hingga Rp.3000.000.

Bahan yang dibutuh untuk pembuatan rengginang yakni, beras ketan, bawang putih dan campuran bahan makanan lain sesuai rasa yang diinginkan. Rengginang hasil produksinya terkenal sangat gurih dan enak.

Hal itulah yang membuat rengginang buatan Muhari sangat terkenal hingga mancanegara.
Menurut Muhari, dirinya merasa terbantu, dengan diikutsrtakannya dalam pameran-pameran yang diadakan oleh pemerintah, sehingga usahanya bisa dikenal bukan hanya didalam negeri saja, namun juga sampai mancanegara.

“Alhamdulillah, pemerintah sudah cukup baik membantu usaha saya dan saya harap, pemerintah bisa terus mensosialisasikan dan lebih memilih produk-produk dalam negeri,” harapnya. (CT-127)

BACA JUGA:   Sri Laelasari Peduli ODGJ

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed