oleh

Pesta Adat Munjung Berpotensi Jadi Komoditas Pariwisata

Citrust.id – Ratusan masyarakat Desa Sukawana, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, berbondong-bondong sambil membawa tumpeng ke makam Kramat Bagus Rangin untuk menggelar adat munjung.

Adat munjung merupakan acara tahunan masyarakat adat Desa Sukawana sebagai penanda berakhirnya tahun tahun tanam dan siap membuka tahun tanam baru. Selain itu, kegumiatan munjung juga sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat atas capaian hasil panen selama satu musim tanam.

Menurut Ki Encim, kuncen makam Sukawana, kegiatan munjung diisi dengan mendoakan para pendiri desa yang telah berjasa mewarisan wilayah yang subur untuk anak cucunya.

“Selain itu, melalui kegiatan munjung ini, diharapkan generasi mengetahui jejak perjuangan masa lalu dalam membangun Desa Sukawana, sehingga menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah kelahirannya,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan Nanang Sutisna, Kepala Desa Sukawana. Kegiatan munjung jadi sebuah pengingat akan jejak masa lalu. Dengan demikian, akan terus dilaksanakan setiap tahunnya.

“Bahkan tidak menutup kemungkinan, ke depan bisa didesain juga untuk kepentingan pariwisata dan menarik minat wisatawan,” tuturnya. (Abduh)

Komentar

News Feed