oleh

Pertamina Patra Niaga Pastikan Kebutuhan Energi Masa Nataru Aman

Citrust.id – Menyambut masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), memastikan stok dan proses penyaluran energi berjalan aman.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Waljiyanto, mengatakan, pada masa Natal dan tahun baru, Pertamina memastikan seluruh kebutuhan energi msyarakat di wilayah Jawa Bagian Barat (DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat), terpenuhi dengan baik. Per-11 Desember, ketahanan stok untuk seluruh produk bahan bakar minyak, LPG dan Avtur rata-rata berada di atas 10 hari.

“Proses distribusi juga terus kami pantau melalui dashboard digitalisasi SPBU. Untuk menjamin hal tersebut, kami juga kembali mengaktifkan satuan tugas Natal dan Tahun Baru (Satgas Naru) untuk memastikan seluruh kebutuhan energi masyarakat terpenuhi dengan baik,” jelas Waljiyanto dalam keterangan persnya yang diterima, Senin (13/12).

Waljiyanto melanjutkan, Pertamina Patra Niaga juga telah menghitung proyeksi peningkatan konsumsi energi masyarakat selama masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Setidaknya akan ada peningkatan kebutuhan sekitar +9 persen untuk Gasoline (bensin), +3 persen untuk Gasoil (diesel), +1 persen untuk LPG, dan +15 persen untuk Avtur. Semuanya dibandingkan dengan rata-rata November.

Sebagai antisipasi terhadap proyeksi tersebut, Pertamina Patra Niaga telah melakukan beberapa antisipasi. Delapan terminal BBM, tiga terminal LPG, lima Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU), lebih dari 1.500 SPBU, serta seluruh rantai distribusi LPG, mulai dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBBE) hingga agen dan pangkalan LPG, baik yang subsidi maupun non-subsidi, telah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat.

Selain itu, Pertamina Patra Niaga kembali menyiapkan layanan dan fasilitas tambahan. Setidaknya akan disiapkan 17 Motoris atau armada Pertamina Delivery Service (PDS), 53 titik kantong BBM SPBU, dua mobil tanki PTO, sembilan unit Pertashop atau SPBU modular, 17 lokasi antigen di SPBU, serta lebih dari 34 ribu agen dan pangkalan LPG Siaga. Selain itu, layanan di lima DPPU juga akan terus siaga memenuhi kebutuhan Avtur bagi seluruh maskapai penerbangan.

“Jadi untuk menjawab proyeksi peningkatan konsumsi masyarakat, Pertamina Patra Niaga sudah menyiapkan seluruh fasilitas untuk beroperasi dengan maksimal. Selain yang beroperasi reguler, layanan tambahan ini juga kami siapkan sebagai antisipasi, terutama di jalur-jalur dan wilayah dengan proyeksi peningkatan konsumsi tertinggi. Kami juga telah siapkan layanan antigen, layanan pembayaran non tunai melalui MyPertamina, serta memastikan seluruh fasilitas Pertamina sudah mentaati protokol kesehatan,” tambah Waljiyanto.

Bagi seluruh pelanggan setia, Pertamina Patra Niaga juga kembali menyediakan loyalty program. Sepanjang masa Natal dan Tahun Baru akan dilaksanakan program MyPertamina Fair, tukar tabung ke Bright Gas, promo layanan non-fuel retail (NFR) di beberapa outlet Bright Store, serta promo khusus untuk pembelian Fastron dan Enduro.

“Dengan seluruh antisipasi ini, kami imbau masyarakat tidak perlu khawatir, Pertamina Patra Niaga tetap siaga melayani kebutuhan energi masyarakat agar tetap terpenuhi dengan baik dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dan kenyamanan masyarakat. Bagi seluruh saudara kami yang merayakan, Selamat Hari Natal. Semoga perayaan dan ibadahnya dapat berjalan dengan khidmat,” pungkas Waljiyanto. (Abduh)

Komentar