oleh

Pertamina MOR III Raih 1 Proper Emas dan 4 Hijau dari KLHK

Citrust.id – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III Jawa Bagian Barat meraih lima predikat Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) Tahun 2019 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Kelima predikat tersebut, yakni satu Proper Emas dan empat Proper hijau yang diraih oleh beberapa wilayah kerja di lingkungan MOR III dalam subsektor migas distribusi. Penghargaan tersebut diterima Terminal BBM Bandung Group dengan predikat Proper Emas.

Sedangkan Proper Hijau diraih Terminal BBM Tanjung Gerem, Banten; Terminal BBM Jakarta Group-Plumpang, DKI Jakarta; Terminal BBM Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat; serta Terminal BBM Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

General Manager Marketing Operation Region III, Tengku Fernanda, menerima langsung penghargaan kategori Proper Emas yang diserahkan Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, di Istana Wapres, Rabu (8/1).

Dalam acara penganugerahan, Menteri Siti Nurbaya Bakar menyatakan, pengharagaan Proper diberikan bagi dunia usaha yang menunjukkan kinerja luar biasa dalam pengelolaan lingkungan hidup. Proses penjuriannya melibatkan evaluasi terhadap penerapan sistem manejemen lingkungan, dan efisiensi energi.

Selain itu, evaluasi terhadap konservasi air, pengurangan emisi, perlindungan keanekaragaman hayati, 3R pada limbah B3 padat dan non-B3 serta pemberdayaan masyarakat di sekitar daerah operasi.

Senada dengan hal tersebut, GM MOR III Tengku Fernanda mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh pemerintah. Pencapaian Proper emas oleh Terminal BBM Bandung Group merupakan yang ketiga kalinya berturut-turut.

“Tentunya peringkat ini dapat memacu kami untuk terus meningkatkan peran perusahaan dalam mengelola tata lingkungan dan hubungan dengan para pemangku kepentingan yang baik, terus mengembangkan berbagai program inovasi, penggunaan sumber energi yang efisien dan ramah lingkungan, serta pengembangan masyarakat. Kami berharap, raihan Proper Emas di Terminal BBM Bandung Group juga dapat ditularkan kepada TBBM lainnya ke depan,” katanya.

BACA JUGA:   Majalengka Bangun Kultur dan Budaya Pencegahan Covid-19

Beberapa program ungulan pemberdayaan masyarakat yang mendukung raihan Proepr Emas di Terminal BBM Bandung Group antara lain, mobil homecare dan sistem pendidikan di sekolah anak berkebutuhan khusus berbasis masyarakat Dreamable. Ada pula program bengkel Pertamax Otopreneur di Kampung Babakan serta pengolahan sampah Biokonversi di Kelurahan Rancanumpang, Bandung.

Melalui berbagai program tersebut, Terminal BBM Bandung Group juga telah berkontribusi dalam target pencapaian pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) nasional. Pencapaian itu, yakni poin tanpa kemiskinan (poin 1), pendidikan berkualitas (poin 4), air bersih dan sanitasi layak(poin 6), industri inovasi dan infrastruktur (poin 9), serta berkurangnya kesenjangan (poin 10). (Haris)

Komentar

News Feed