oleh

Pers Dorong Partisipasi Pemilu di Majalengka

Citrust.id – Jajaran komisioner KPU Kabupaten Majalengka berkunjung ke kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Majalengka, Rabu (19/2). Kelima komisioner yang terdiri dari Agus Syuhada, Sarkan, Cecep Jamaksari, Elih Solihah dan Kurniasih diterima jajaran pengurus dan anggota PWI Majalengka. Kehadiran mereka untuk memberikan apresiasi atas kontribusi pers di Majalengka dalam mensukseskan pesta demokrasi.

Ketua KPU Majalengka, H Agus Syuhada mengemukakan, kunjungan pihaknya bersama kelima komisioner, sebagai apresiasi kepada insan pers di Majalengka yang telah banyak berkontribusi kepada lembaganya.

“Peran media sangat membantu kami dalam menyosialisasikan kepada masyarakat. Contohnya, angka partisipasi yang ditargetkan pusat 77,5 persen, tapi di Majalengka mampu meningkat di angka 80,43 persen. Itu salah satu peran pers,” kata Agus.

Capaian tersebut, kata Agus, merupakan kebanggaan pihaknya karena sudah melampaui target nasional. Untuk Pemilukada tahun 2024, pihaknya mematok target partisipasi mencapai 90 persen.

Tingginya angka partisipasi masyarakat saat ini tersebut tidak terlepas bantuan dari media baik cetak, elektronik, online maupun radio. “Oleh karenanya, KPU dan media massa diharapkan terus bersinergi,” ucapnya.

Kendati KPU saat ini tidak menggelar Pemilu, tetapi masih memiliki tanggungjawab berat. Pemilukada hanya menghasilkan produk wakil rakyat. Tetapi, jauh itu menyiapkan pemimpin yang punya SDM berkualitas untuk kemajuan Majalengka khususnya.

Selain itu, sambung dia, KPU memiliki beberapa program outputnya kepada perbaikan kualitas demokrasi. Untuk pendidikan pemilih yang berkualitas dan berkelanjutan. Pemilih tidak hanya terjun, tetapi memiliki nalar yang betul saat memilih pemimpin.

“Jadi, saat ke TPS itu jangan hanya ada amplopnya saja. Kami akan meminimalisir seperti itu untuk menunjukkan kualitas demokrasi di Indonesia, khususnya di Majalengka,” tegasnya.

Terakhir, dia berharap sinergitas antara KPU dengan wartawan bisa terjalin dan menghasilkan kerja sama, khususnya perbaikan demokrasi di Majalengka.

BACA JUGA:   Masih Matangkan Formasi Mutasi Pejabat Eselon III dan IV

Wakil Ketua PWI Majalengka, M. Ayub Kalyubi, menyambut baik kedatangan lima orang komisioner KPU ke kantor PWI. Menurut dia, itu sebuah bentuk penghormataan dan penghargaan bagi para jurnalis Majalengka.

“Kami sebagai media tentunya belum maksimal dalam mensukseskan setiap agenda Pemilu. Kami akan selalu bersinergi dan bekerjasama dengan semua elemen masyarakat, termasuk dengan KPU,” ucapnya. (Abduh)

Komentar

News Feed