oleh

Pers Diminta Tetap Jadi Kontrol Sosial dan Bersinergi dengan Pemerintah

 

Citrust.id – Momentum Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 dan HUT ke-75 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) mendapatkan perhatian dari Bupati Majalengka, Karna Sobahi.

Menurutnya, pers harus tetap menjadi kontrol sosial dalam menjalankan tugas dan fungsinya tanpa intervensi siapapun.

“Kami harap, pers juga dapat bersinergi dengan Pemkab Majalengka dalam mewujudkan Majalengka Raharja,” ungkap Karna usai menerima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat di Jakarta, Selasa (9/2).

Pers harus mampu membantu dalam memulihkan ekonomi, melalui informasi yang edukatifi untuk kemajuan bangsa dan negara, khususnya bagi masyarakat Kabupaten Majalengka.

“Hal ini juga sejalan dengan tema HPN tahun ini, bangkit dari pandemi, pers sebagai akselerator perubahan dan pemulihan ekonomi,” ungkapnya

Maka dari itu, kata Karna, pers juga harus dapat membantu program pemerintah dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19, melalui pemberitaan yang edukasi.

Pers juga mendorong perubahaan perilaku masyarakat agar jangan pernah lelah dalam menerapkan protokol kesehatan (Covid-19). Kendati saat ini program vaksinasi tengah gencar diterapkan di seluruh tanah air. Hal itu demi terwujudnya masyarakat sehat dan percepatan ekonomi.

“Pers juga harus selalu menyampaikan informasi yang objektif, membangun dan mengedukasi masyarakat,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Majalengka, Gatot Sulaeman, mengucapkan. Diharapkannl manfaat pers dapat dirasakan masyarakat.

Termasuk menjadi mitra dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui tugas dan fungsinya. Apalagi pers pada era reformasi menjadi salah satu pilar demokrasi, setelah eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Karena itu, pers sangat penting dalam kehidupan berdemokrasi saat ini, dalam melakukan fungsi kontrol terhadap pemerintah, di samping fungsi pendidikan, hiburan dan media informasi.

“Kami harapkan pers dapat menciptakan kualitas demokrasi yang lebih baik dan terus memperhatikan prinsip etika jurnalistik,” jelasnya.

Gatot mengharapkan, pers dapat menangkal hoaks mengenai Covid-19, termasuk vaksin dan sebagainya yang selama ini marak dilakukan di media sosial.

Pers juga membantu meluruskan mengenai berita-berita hoaks yang berkembang agar dapat menciptakan situasi kondusif di masyarakat. Pers harus dapat menjadi penyambung informasi yang baik kepada masyarakat.

“Semoga seluruh insan pers di Majalengka dapat melakukan aktivitasnya dengan selalu menjaga kesehatan dan imun tubuh dan menerapkan protokol kesehatan. Kita harus selalu ingat, keluarga menanti di rumah,” pungkasnya. (Abduh)

Komentar

News Feed