oleh

Pendidikan Indonesia Harus Bangkit Meski Diterpa Pandemi

Citrust.id – Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Bupati Majalengka, Karna Sobahi, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bangkitkan semangat, menyongsong lembaran baru pendidikan Indonesia.

Dikatakan Karna, pemikiran Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara, haruslah dijiwai dan hidupkan kembali agar tercipta pendidikan berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia. Selain itu, terwujudnya kemerdekaan belajar yang sejati.

“Lembaran baru pendidikan Indonesia berarti transformasi. Transformasi yang tetap bersandar pada sejarah bangsa, dan juga keberanian menciptakan sejarah baru yang gemilang,” ujarnya, Minggu (2/5).

Empat upaya perbaikan terus dikerjakan bersama berbagai elemen masyarakat. Pertama, perbaikan pada infrastruktur dan teknologi. Kedua, perbaikan kebijakan, prosedur, dan pendanaan, serta pemberian otonomi lebih bagi satuan pendidikan. Ketiga, perbaikan kepemimpinan, masyarakat dan budaya. Perbaikan keempat, yakni perbaikan kurikulum, pedagogi, dan asesmen.

“Kita perlu memahami, pandemi bukanlah satu-satunya tantangan yang kita hadapi. Di depan, masih membentang sederet tantangan yang akan dan harus kita lalui bersama. Mari kita lalui segala tantangan dengan inovasi dan solusi. Mari kita ciptakan sejarah yang gemilang dan tak terbantahkan oleh dunia,” pungkas Karna. (Abduh)

Komentar

News Feed