oleh

Pemkab Kuningan Serius Bangun Desa Wisata

Citrust.id – Desa Cipasung masuk nominasi sepuluh besar desa rintisan wisata tingkat nasional. Untuk menuju lima besar, Tim Juri Nasional dari Kementeriaan Pariwisata RI melakukan visitasi dalam rangka penilian program pendampingan perguruan tinggi terhadap desa binaan wisata.

Kepala Desa Cipasung, Nanang Nuryadi, menyampaikan, pihaknya berkomitmen memanfaatkan potensi yang ada dan memberdayakan masyarakat,” katanya.

Ia mengatakan, untuk mendukung sektor pariwisata, Pemerintah Desa Cipasung telah menyiapkan lahan seluas 6 hektare untuk dijadikan objek wisata penyangga dari pembangunan kembali Waduk Darma.Selain itu, telah dibuat master plan desain rancang bangunnya.

Sekarang ada tempat pemancingan ikan dan menara bambu dengan view pemandangan Waduk Darma dan Gunung Ciremai. Pemdes dan masyarakat telah sepakat ingin membangun Desa Wisata agar lebih hidup lagi dengan melakukan pengembangan test area menjadi lebih baik lagi, membangun gedung kesenian, cottage, dan resto terapung.

“Untuk mewujudkannya, kami membuka pintu bagi investor dalam pengembangan Cipasung menjadi desa wisata,” ungkap Nanang.

Wabup Kuningan, Ridho Suganda, mengutarakan, dirinya melihat ada keramahan, kebersihan lingkungan, kebersamaan antara pemerintah desa dengan masyarakatnya, dapat merangkul semua pihak dan mengedepankan kearifan lokal.

“Ini akan menjadi nilai lebih bagi Desa Cipasung. Kalau menang akan menjadi kebanggan kita. Harus bangga di Kuningan ada wisata terpilih tingkat nasional,” katanya. (Ipay)

BACA JUGA:   Nurdin Siap Majukan Desa Situgede

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed