oleh

Pemkab Cirebon Pastikan APBD 2017 Aktif Pada Awal Februari

Cirebontrust.com – Pemerintah Kabupaten Cirebon pastikan APBD 2017 akan berjalan efektif pada minggu pertama Februari. Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) saat ini masih menunggu satu organisasi perangkat daerah lagi, dalam menyusun dokumen pelaksanaan anggaran (DPA). Sementara, sisa OPD lainnya sudah selesai melakukan penyusunan DPA tersebut.

Di 2017 ini, total terdapat 2500 kegiatan di 73 OPD yang masing-masing kegiatan tersebut harus disusun dalam DPA. Kepala Bidang Anggaran pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Asep Kurnia mengatakan, hasil evaluasi gubernur yang turun di Desember 2017 lalu untuk penyusunan APBD 2017 telah disikapi. Hasilnya, ribuan kegiatan yang telah direncanakan harus secepatnya disusun.

“Dari 2500 kegiatan yang direncanakan tersebut, harus dipilah mana yang kebutuhan langsung dan mana yang tidak langsung. Masing-masing anggaran akan dialokasikan empat termin, yaitu 25 persen di termin pertama, 30 persen di termin kedua, 30 persen di termin ketiga, dan 15 persen di termin ke empat,” terang Asep.

Sesaat setelah evaluasi gubernur turun, menurut Asep, pihaknya langsung mendorong masing-masing OPD untuk segera menyusun DPA.

“Sebab, kecepatan OPD dalam menyusun DPA ini lah yang menentukan pelaksanaan APBD 2017 tersebut terlambat atau tidak. Kami sendiri sudah maksimal dalam mendorong, sebab saat ini kami hanya tinggal menunggu satu OPD saja dalam menyusun DPA tersebut, dalam dua hari juga saya yakin sudah rampung,” imbuhnya. (Iskandar)

BACA JUGA:   Kejari Kawal Recofusing Anggaran Covid-19 Majalengka

Komentar

News Feed