oleh

Peletakan Batu Pertama Pasar Sumber, Disperdagin Prioritaskan Pedagang Lama

Cirebontrust.com – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Cirebon akan memprioritaskan pedagang lama untuk menempati kios yang ada di Pasar Sumber.

Pada akhirnya Disperdagin hanya akan menampung total 700 pedagang saja, yaitu 500 pedagang merupakan pedagang lama yang kiosnya terbakar, serta 200 pedagang lainnya merupakan pedagang hasil dari penertiban oleh Disperdagin.

Kepala Bidang Pasar Disperdagin Kabupaten Cirebon, H. Eka Hamdani mengatakan, seluruh pedagang ini akan menempati 76 kios dan 400 los yang pembangunannya akan dimulai pada Jumat (04/08) ini.

“Yang kami prioritaskan tentunya pedagang lama yang mengalami musibah kebakaran,” kata Kepala Bidang Pasar Disperdagin Kabupaten Cirebon Eka Hamdani, usai peletakan batu pertama pembangunan Pasar Sumber oleh Bupati H Sunjaya Purwadisastra, Kamis (03/08) sore tadi.

Eka menambahkan, pada pembangunan Pasar Sumber tahap pertama ini, Pemerintah Kabupaten Cirebon baru akan mengucurkan anggaran Rp12 miliar. Anggaran ini hanya cukup untuk membangun 76 kios saja serta sarana dan prasarana.

“Kemudian pada tahap kedua yang akan digelar pada tahun depan, Pemkab Cirebon akan mengucurkan Rp4,9 miliar yang akan digunakna untuk membangun los,” katanya.

Selain itu, dari anggaran tersebut, lahan parkir yang akan dibangun diperkirakan akan menampung hingga 50 kendaraan roda empat.

“Soal kapan pedagang akan mulai menempati, apakah akan ditempati di tahun ini juga tapi belum semua, atau apakah akan berbarengan pada tahun depan, itu nanti tergantung kesepakatan para pedagang,” ucap Eka.

Sementara itu, Bupati H Sunjaya Purwadisastra mengatakan, Pasar Sumber harus dijadikan pasar percontohan, karena akan dibangun sesuai standar nasional.

“Kalau sudah dibangun tolong jaga lingkungannya, sehingga suasana pasar bisa tetap bersih dan higienis, karena saya ingin menjadikan Pasar Sumber ini proyek percontohan pasar bagi pasar lainnya di Cirebon,” ujar Sunjaya. (Iskandar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed