oleh

Optimalkan Layanan di Kuningan, BPJS Kesehatan Cirebon Adakan Evaluasi

Citrust.id – Sebagai upaya memberikan layanan terbaik terhadap peserta JKN-KIS di wilayah Kabupaten Kuningan, BPJS Kesehatan Cabang Cirebon adakan evaluasi implementasi antrean online serta Aplikasi Mobile JKN di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), Jumat (21/5).

Pertemuan yang diikuti Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan dan seluruh FKTP di wilayah Kabupaten Kuningan itu diadakan secara tatap muka dengan tetap mengutamakan protokol pencegahan Covid-19.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, Hj. Susi Lusiyanti, menyampaikan, pada masa pandemi Covid-19, cukup banyak masyarakat yang khawatir mendatangi fasilitas Kesehatan, sehingga perlu adanya inovasi untuk mempermudah peserta dalam memperoleh layanan di fasilitas Kesehatan.

Ia berharap, implementasi antrean online dan aplikasi Mobile JKN Fasilitas Kesehatan (Faskes) tidak ada kendala yang berarti sehingga semakin banyak peserta dapat terbantu.

“Kita sama-sama optimalkan penggunaan antrean online dan Mobile JKN Faskes untuk melayani Peserta. Kita tingkatkan bersama layanan agar masyarakat di Kabupaten Kuningan bisa mendapatkan kepuasan dalam mengakses layanan di bidang kesehatan,” kata Susi.

Kepala Kabupaten Kuningan BPJS Kesehatan, Retna Wahyuni, menjelaskan, tujuan utama diadakannya pertemuan itu, yaitu dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan terhadap peserta di FKTP melalui implementasi antrean online yang terkoneksi dengan Mobile JKN. Sistem antrean online itu telah dijalankan sejak 2019 dan terus mengalami beberapa perbaikan atas usulan dari FKTP dengan menghasilkan fitur-fitur baru.

“Peserta dapat langsung mendaftar melalui Mobile JKN dan mendapatkan nomor urut tanpa harus datang ke FKTP terlebih dahulu. Sehingga sudah bisa memperkirakan jam berapa harus datang ke FKTP untuk mendapatkan pelayanan dan tidak terlalu lama menunggu di faskes,” jelas Retna.

Dirinya berharap, pertemuan tersebut dapat dijadikan wadah untuk menampung aspirasi dan masukan stakeholder dalam meningkatkan implementasi sistem antrean online. Selain itu, mendapatkan solusi apabila terdapat kendala demi mengoptimalkan pemanfaatan sistem antrean online di FKTP wilayah Kabupaten Kuningan.

Sebagai informasi, sampai dengan saat ini, BPJS Kesehatan telah bekerja sama dengan 102 FKTP yang terdiri dari 37 puskesmas, 12 klinik pratama, dan 53 dokter praktik perorangan. (Haris)

Komentar

News Feed