oleh

Optimalkan Layanan, BPJS Kesehatan Cirebon Evaluasi Kepatuhan FKRTL

Citrust.id – BPJS Kesehatan Cabang Cirebon adakan sosialisasi peningkatan kepatuhan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) terhadap kerja sama tahun 2021, Selasa (22/6). Sosialisasi dilakukan sebagai upaya meningkatkan kepuasan peserta terhadap penyelenggaraan Program JKN-KIS. Pertemuan itu dihadiri seluruh FKRTL secara tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan Covid-19.

Dalam sambutannya, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, Nopi Hidayat, menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama baik yang telah terjalin sampai dengan saat ini. Menurutnya, berjalannya dengan baik program JKN-KIS lebih dari tujuh tahun ini adalah berkat sinergi yang optimal dengan banyak pihak lainnya dalam mendukung Program JKN-KIS.

“BPJS Kesehatan tidak dapat berjalan sendiri tanpa dukungan masyarakat, pemerintah pusat dan daerah serta fasilitas kesehatan juga tenaga medisnya serta stake holder lainnya. Peran fasilitas kesehatan sebagai mitra sangatlah penting guna meningkatkan kepuasan peserta,” ungkap Nopi Hidayat.

Dalam kesempatan tersebut, Nopi Hidayat juga menyampaikan, sampai dengan Juni 2021, terdapat 49 FKRTL yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Sebanyak 49 FKRTL itu terdiri dari 38 rumah sakit dan 11 klinik utama. Pada saat ditandatanganinya perjanjian kerja sama, terdapat komitmen yang telah disepakati. Peningkatan mutu layanan merupakan salah satu komitmen FKRTL yang diharapkan dapat terlaksana dengan baik.

“Berbagai upaya dapat dilakukan oleh FKRTL guna meningkatkan kepuasan peserta. Adapun hal yang dapat dilakukan, yaitu dengan meningkatkan capaian implementasi sistem antrean online, updating display tempat tidur dan display jadwal operasi yang terintegrasi dengan Mobile JKN,” ucap Nopi Hidayat.

Sementara itu, Vera Saptari, salah satu penanggung jawab di Rumah Sakit Putera Bahagia Kota Cirebon yang turut hadir dalam pertemuan tersebut, menyampaikan dukungan atas diselenggarakannya pertemuan tersebut.

Menurutnya, pertemuan itu sangat membantu fasilitas kesehatan dalam mengevaluasi pelayanan dan memperbaiki hal-hal yang masih kurang dalam pelayanan selama tahun 2021. Selain itu, fasilitas kesehatan juga dapat menyampaikan kendala yang dihadapi kepada BPJS Kesehatan sehingga dapat mencari solusi atas kendala yang dialami.

“Komitmen kami untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Kami akan selalu berusaha agar seluruh indikator kepatuhan fasilitas kesehatan terhadap perjanjian kerja sama terpenuhi,” ujar Vera Saptari. (Haris)

Komentar

News Feed