oleh

Ono Surono Tinjau Pertanian di Indramayu, Mampu Panen Padi Tiga Kali Dalam Setahun

Indramayutrust.com – Anggota DPR RI Komisi IV Ono Surono ST, meninjau langsung dan ikut melakukan panen padi bersama para petani, Kelompok Tani, TNI dan Polisi, di Desa/Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu, Senin (26/12)

Meskipun cuaca yang terjadi di daerah lumbung padi Indramayu tidak menentu, namun tahun ini beberapa petani mampu panen hingga tiga kali. Meskipun begitu, untuk ke depannya bisa lebih diperhatikan agar dapat meningkatkan hasil panennya.

“Ini sudah bagus sampai bisa tiga kali panen, dalam setahun, tinggal ditingkatkan lagi hasil panennya agar lebih produktif,” jelas Ono Surono usai panen padi bersama petani di Desa/Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu.

Dikatakannya, bahwa kabupaten Indramayu mayoritas para petani masih dua kali panen dalam setahun. Namun di beberapa wilayah di Indramayu sudah mampu melakukan tanam hingga tiga kali dalam setahun. Sehingga masa tanam dan panen banyak yang tidak serentak.

“Meski sudah bisa melakukan tanam tiga kali, jangan sampai mempengaruhi hasil produksi padi, sehingga perlu ada pendampingan dari semua pihak, baik secara pemilihan benih, irigasi, lahan, pupuk, maupun pemilihan teknologi yang tepat,” Ungkapnya

Sementara, ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) desa Tukdana, Rasmin, mengatakan, sekitar 40 hektar sawah di desanya sudah bisa melakukan panen tiga kali, meskipun hasil yang didapat tersebut masih belum maksimal.

“Hasil kotor sekitar 7 sampai 8 ton per hektar. Pakai benih Ciherang,” tuturnya.

Menurutnya, terkait program pertanian, beberapa kelompok tani di desa Tukdana sudah menerima dua traktor dan satu pompa air melalui aspirasi dari anggota DPR RI, Ono Surono ST. Ia berharap agar ke depan ada program yang lebih membantu terkait peningkatan produksi.

“Bantuan itu sangat membantu untuk para petani di sini, kami sangat berterima kasih,” tandasnya. (Didi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed