oleh

Museum Pusaka Keraton Kasepuhan Cirebon Resmi Dibuka

Cirebontrust.com – Museum Pusaka Keraton Kasepuhan Cirebon yang menyimpan ribuan benda-benda pusaka berusia berabad-abad lampau resmi dibuka, Sabtu (10/06).

Sultan Sepuh Keraton Kasepuhan ke XVI PRA Arief Natadiningrat, menjelaskan, museum tersebut berdiri di atas lahan seluas 1000 meter persegi. Jumlah benda pusaka yang tersimpan sebanyak 2 ribu item. Seperti benda-benda bersejarah dari era Padjajaran, Sunan Gunung Jati, Pangeran Cakrabuana, Panembahan, dan era Sultan Sepuh

Dikatakan Sultan, Museum Pusaka didedikasikan untuk masyarakat dan pemerintah sehingga bisa mempelajari sejarah, budaya, dan kepahlawanan tokoh-tokoh masa silam. Sultan berharap, melalui museum ini, masyarakat, khususnya generasi muda bisa mengetahui sejarah leluhur.

“Para anak muda dan generasi penerus tidak hanya menerima informasi dari gadget, namun mereka mencintai budaya sejarah bangsanya sendiri melalui museum ini,” ujarnya.

Sultan PRA Arief menambahkan, di museum itu juga terdapat beberapa pusaka yang biasanya tidak diperlihatkan untuk masyarakat umum, namun kini diperlihatkan. Bneda-benda pusaka tersebut antar lain tongkat Sunan Gunung Jati, senjata Sunan Gunung Jati dari Mesir maupun dari Portugis yang dilapisi emas, piring wali songo yang biasa disiram saat upacara panjang jimat, dan bendera waring Cirebon yang usianya hampir 600 tahun dan lain-lain.

“Kamar Pusaka tersebut dibuka untuk umum satu minggu sekali setiap Jumat,” pungkasnya. (Haris)

BACA JUGA:   Garda Mall Solusi Kebutuhan Otomotif Era Digital

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed