oleh

Minimalisasi Luapan Air, DPUTR Kota Cirebon Bangun Tanggul Sungai

Citrust.id – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Cirebon menyisir sungai-sungai di Kota Cirebon yang belum memiliki senderan atau tanggul. Tanggul berperan penting untuk meminimalisasi luapan air dan mencegah banjir.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Cirebon, Syaroni, ATD, MT, melalui Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA), Agung Kemal, ST, MM, menjelaskan, secara bertahap, pihaknya menyisir sungai di Kota Cirebon yang sudah bertanggul maupun yang belum bertanggul.

“Tanggul berfungsi menahan air sungai agar tidak meluap. Tanggul juga bisa mencegah tanah longsor. Sungai yang belum bertanggul masuk dalam perencanaan pembuatan tanggul,” ujarnya, Jumat (5/11).

Salah satu sungai di Kota Cirebon yang sudah bertanggul. (Foto: DPUTR Kota Cirebon.

Agung melanjutkan, sungai yang sudah bertanggul pun tak luput dari perhatian. Pihaknya mengukur kekuatan tanggul tersebut masih layak atau tidak. Untuk tanggul yang sudah tidak layak akan dilakukan perbaikan.

“Tanggul yang tak layak bisa roboh karena tidak dapat menahan tekanan air. Apalagi jika debit air sungai meningkat. Hal itu bisa menyebabkan air sungai meluap dan berpotensi menyebabkan banjir. Oleh karena itu, kami pun memeriksa kelayakan tanggul atau senderan sungai,” jelasnya. (Haris)

Komentar

News Feed