oleh

Mike Marjinal: Mari Kita Kembali Pulang Menjadi Indonesia yang Satu

Cirebontrust.com – Di saat banyak persoalan menimpa negeri ini, dengan berbagai gempuran isu melawan hoax dan SARA, Mike Marjinal selaku vokalis memberikan tanggapan untuk mengajak bangsa Indonesia kembali bersatu.

“Melihat bangsa Indonesia saat ini, seakan kehilangan jati diri. Indonesia itu banyak warna, kita harus bersatu karena berbeda menjadikan Indonesia lebih kuat. Jangan pernah memaksakan Indonesia menjadi negara satu golongan,” kata Mike ketika menghadiri diskusi terbuka Merawat Indonesia dan Keindonesiaan di salah satu kedai kopi di Jalan Perjuangan, Kota Cirebon, Jumat (10/2).

Di tempat yang sama, menurut Kang Babas dari Pesantren Buntet Kabupaten Cirebon, bicara Indonesia maka bicara pluralisme, keberagaman.

“Warna Indonesia tidak identik dengan ketunggalan. Sukunya berbeda, tugas dan cara hidup berbeda, agama yang berbeda. Kadang kita memaksakan diri,” paparnya.

Menurutnya, agama adanya di hati dan kepala kita. “Yang saya gunakan (jubah dan peci) adalah simbol dan budaya Arab, karena orangtua saya budayanya begitu. Nah, saya tidak bisa memaksakan itu kepada siapapun. Indonesia tidak bisa dijadikan tunggal,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, Indonesia memiliki agama dan kepercayaan bermacam-macam, butir-butir Pancasila yang ada di Indonesia adalah kesepakatan bersama bangsa ini. (Uyung)

BACA JUGA:   Anggota DPRD Jabar Bagikan Ratusan Paket Sembako untuk Lansia

Komentar

News Feed