oleh

Membumikan Aswaja An nahdliyah, Rijalul Ansor Cirebon Adakan Kaderisasi Perdana

Citrust.id – Sedikitnya 150 peserta mengikuti Dirosah Ula atau kaderisasi tingkat dasar Majelis Dzikir dan Salawat (MDS) Rijalul Ansor (semi otonom) dari GP Ansor, Kabupaten Cirebon.

Kaderisasi yang pertama kali dilaksanakan Rijalul Ansor Kabupaten Cirebon itu diikuti peserta dari perwaklilan kader tiap PAC Ansor seluruh Kabupaten Cirebon dan beberapa ada dari luar daerah, yakni Indramayu dan Brebes.

“Saya sangat mengapresiasi. Ini jarang dilakukan oleh cabang-cabang lain. Saya berharap akan berlanjut. Diharapkan tiga bulan sekali karena ini bagian dari khidmah,” terang Nuruzzaman, Kadensus 99 PP GP Ansor dalam sambutan pembukaan Dirosah Ula, di Padepokan Anti Galau, Desa Sinarancang, Kecamatan Mundu, Jumat (10/1)

Senada, Ketua MDS Rijalul Ansor Pusat, KH Mahfuds Hamid, dalam sambutannya berharap kepada peserta, mengatakan, selepas dari kegiatan iti bisa membumikan paham ahlussunah wal jama’ah (Aawaja) Annahdliyah kepada masyarakat.

“Tantangan kita semakin nyata. Sekarang bukan hanya wahabi, tapi sudah ada salafi dan lain-lain. Mereka yang paling merasa benar dan mudah menyalahkan yang tidak sepaham dengan mereka. Ini tugas kita semua untuk membumikan Aswaja,” harapnya.

Sementara, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Cirebon, Ustaz HM Ujang Bustomi, mengatakan, momentum Dirosah Ula itu sebagai bekal untuk menghidupkan masjid dan musala dengan amaliah-amaliah NU.

“Saatnya menghidupkan kembali zikir dan selawat di masjid-masjid dan musala-musala,” katanya.

Kaderisasi yang bertemakan Membumikan Aswaja An Nahdliyah di Era Revolusi Industri 4.0 itu dilaksanakan selama dua hari. Para peserta akan dibekali berbagai materi dari para pemateri yang kompeten.

Pemateri yang akan mengisi Dirosah Ula Rijalul Ansor Kabupaten Cirebon, yakni HM Nuruzzaman, Kadensus 99 GP Ansor; KH Ahmad Deni Haidar, Ketua PW GP Ansor Jawa Barat; KH Wawan Arwani Syuriah, PCNU Kabupaten Cirebon; serta KH Syarif Abu Bakar Yahya, pengurus MDS Rijalul PP GP Ansor.

BACA JUGA:   Polres Majalengka Siap Amankan Perayaan Imlek

Pemateri selanjutnya adalah KH M Ujang Bustomi, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Cirebon; KH Fariez Elt Haq Fuad Hasyim, pengurus PP GP Ansor; KH Taufiqurahman Yasin, Katib syuriah PBNU; KH Lukman Hakim, pengurus PBNU; dan KH Rifqiel Asyik, PP MDS Rijalul Ansor. (Riky Sonia)

Komentar

News Feed