oleh

Manfaat Kehadiran Orangtua di Hari Pertama Sekolah

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Menteri Pendidikan Anies Baswedan telah mengimbau para orangtua untuk bisa hadir di hari pertama masuk sekolah. Selain dapat mencegah tindak perploncoan, kedatangan orangtua di hari pertama masuk sekolah dapat menjadi pintu bagi orangtua dan juga sekolah untuk memberi pendidikan yang lebih baik bagi anak ke depannya.

Menurut Psikolog Pendidikan dari Universitas Indonesia Dr. Rose Mini Agoes Salim, kehadiran orang tua di hari pertama anak masuk sekolah dapat memberikan kesempatan bagi orang tua untuk lebih memahami seperti apa tempat anak mereka mengenyam pendidikan.

Kehadiran orangtua di hari pertama masuk sekolah juga memberi banyak manfaat bagi pihak sekolah, khususnya guru. Dengan menjalin komunikasi langsung dengan orang tua murid, guru akan mendapatkan lebih banyak informasi mengenai cara yang tepat dalam menghadapi tiap-tiap anak.

Misalnya, anak yang pendiam di sekolah ternyata memiliki karakter yang aktif di rumah. Komunikasi antara guru dan orangtua dari anak tersebut dapat memberikan inspirasi bagi guru untuk memberikan pendampingan yang tepat bagi anak tersebut selama di sekolah.

Perkenalan dan komunikasi langsung antara guru dan orang tua dapat memberikan kesempatan bagi guru untuk memahami potensi anak. Di hari pertama masuk sekolah, orangtua dapat bercerita mengenai hobi yang ditekuni oleh sang anak. Dengan begitu, guru dapat memberikan kesempatan bagi anak untuk mengasah hobi mereka dengan lebih baik selama di sekolah. (Net/CT)

BACA JUGA:   Kapal Perang Buatan Jerman Timur Bersandar di Pelabuhan Cirebon

Komentar

News Feed