oleh

MAN 1 Cirebon Adakan Semarak Pentas Seni dan Gebyar Budaya

Citrust.id – Guna meningkatkan rasa cinta terhadap seni dan budaya, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Cirebon mengadakan Semarak Pentas Seni dan Gebyar Budaya 2019, Kamis (31/10).

Kegiatan tersebut menghadirkan bintang tamu Cheppy OI, The Bandit Band, dan artis asal Jakarta, Stevanie Sovia Agusta. Selain itu, ada Kelompok Literasi Cirebon (KLC) dan Pedati Pustaka Bayalangu serta bazar makanan dan pameran hasil karya siswa.

Acara itu juga dimeriahkan pertunjukan seni dan budaya, seperti sintren, tari saman, tari topeng, ronggeng bugis, dan teater. Ada juga  paduan suara, musikalisasi puisi, ronggeng nyentrik, dan Band Mansaci.

Ketua Panitia Penyelenggara, Iyan Hendrayana, S.Pd., mengatakan, pentas seni dan budaya yang diadakan setiap tahun ini sebagai wadah kreativitas siswa.

“Kegiatan ini juga untuk mengasah dan melatih jiwa kepemimpinan siswa,” kata Iyan.

Di tempat yang sama, Kepala MAN 1 Cirebon, M. Isro Mutamarullah, S.Pd., MM, menyampaikan, dirinya mengapresiasi anak didiknya yang telah menampilkan berbagai kreativitas.

Menurutnya, acara seperti itu harus dilaksanakan tiap tahun untuk menumbuhkan kreativitas dan keterampilan siswa.

“Semarak Pentas Seni dan Gebyar Budaya 2019 juga bertujuan untuk penguatan karakter siswa dalam bidang seni dan budaya,” ucapnya.

Dikatakan Isro, pada era sekarang, budaya dari luar bisa dengan mudah masuk dan mempengaruhi pola pikir siswa. Hal itu ditunjang dengan internet yang mudah diakses dengan gadget.

“Keberadaan budaya luar rentan membuat generasi muda kita melupakan budaya daerah,” ucapnya.

Isro menambahkan, Semarak Pentas Seni dan Gebyar Budaya 2019 yang diadakan MAN 1 Cirebon merupakan salah satu upaya menjaga agar budaya daerah tidak punah.

“Kami bersyukur, anak didik kami sangat bersemangat dan antusias menampilkan pertunjukan seni dan budaya,” pungkasnya. (Haris)

Komentar

News Feed