oleh

Mahasiswa Unma Dibekali Wawasan Jurnalistik

MAJALENGKA (CT) – Mahasiswa Universitas Majalengka (Unma) dibekali ilmu jurnalistik dan dunia tulis menulis yang digelar Himpunan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia (Himabsi) Fakultas Keguruaan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unma.

Materi yang disampaikan tentang seputar dunia kewartawanan, jurnalistik dasar, teknik menulis opini, dan feature dan ruang lingkup persurat kabaran, UU Pers dan kode etik Jurnalistik.Kegiatan ini dalam rangkaian menyambut bulan bahasa 2014.

Ketua Himabsi FKIP Unma, Bakti Kusuma Biladi mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan wawasan pengetahuan di kalangan mahasiswa terkait dunia jurnalistik dan media massa. Disamping sebagai salah satu upaya guna meningkatkan minat baca dan menulis di kalangan para mahasiswa.

“Mengusai dunia tulis menulis saat ini sangat penting. Apalagi bagi para mahasiswa yang tidak terlepas dari persoalan itu. Seperti pembuatan makalah, karya ilmiah, skripsi maupun menuangkan gagasan melalui sebuah artikel. Oleh karena itu, kegiatan ini sangat penting diikuti para mahasiswa,” katanya, Minggu (7/12).

Salah seorang narasumber Ketua PWI Kabupaten Majalengka Tati Purnawati. Ia mengemukakan, dalam penyampaian materinya, bahwa konsep menulis berita straight news atau berita lempang, dikenal dengan rumusan 5W + 1H. Mengenai penjelasan dari 5W+1 H itu sendiri berupa What (Apa), Who (Siapa), When (Kapan), Where (di mana), Why (Mengapa), dan How (Bagaimana).

“Bagian kalimat itu harus disusun secara sistematis dalam struktur berita dengan menggunakan metode piramida terbalik. Metode ini lebih menonjolkan intisari berita atau lebih menekankan pada hal-hal yang umum, menuju yang ke khusus,” jelasnya.(CT-110)

BACA JUGA:   Polisi Jaga Kebaktian Rutin di Gereja

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed