Maemunah Puas dengan Pelayanan JKN, Pengobatan Mata Dijamin Penuh

  • Bagikan
Maemunah Puas dengan Pelayanan JKN, Pengobatan Mata Dijamin Penuh
Maemunah puas dengan pelayanan JKN, pengobatan mata dijamin penuh. (Ist.)

Citrust.id – Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Salah satu penerima manfaatnya adalah Maemunah (56), warga Gabus Wetan, Kabupaten Indramayu, yang mengaku sangat terbantu saat menjalani pengobatan dan operasi mata di fasilitas kesehatan.

Maemunah menceritakan pengalamannya menggunakan layanan JKN yang telah diikutinya sejak 2021. Ia baru saja menjalani operasi katarak dan pengangkatan selaput mata (pterygium) beberapa bulan lalu dan kini masih menjalani kontrol rutin.

“Saya mendapatkan tindakan operasi katarak dan pengangkatan selaput yang mengganggu penglihatan. Alhamdulillah semua tindakan dan pengobatannya dijamin oleh BPJS Kesehatan melalui Program JKN. Saya dan keluarga tidak khawatir karena tidak ada biaya tambahan,” ujarnya.

Maemunah menyampaikan pelayanan yang diterimanya sangat baik, mulai dari pemeriksaan hingga tindakan operasi. Menurut dia, tenaga kesehatan memberikan pelayanan tanpa membeda-bedakan peserta.

“Dokter dan perawat memberikan penjelasan yang mudah saya pahami. Mulai dari tindakan, cara minum obat, sampai cara merawat mata di rumah agar pemulihan cepat dan terhindar dari infeksi,” tutur Maemunah.

Selama menjalani pengobatan, Maemunah mengaku tidak pernah mengalami kendala administrasi maupun pelayanan. Ia juga merasa terbantu oleh keberadaan petugas BPJS SATU di rumah sakit yang siap membantu peserta JKN.

BPJS SATU adalah petugas BPJS Kesehatan yang bertugas memberikan informasi layanan JKN serta menangani pengaduan peserta di rumah sakit. Setiap rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan memiliki petugas BPJS SATU yang dapat dihubungi melalui nomor kontak yang tertera pada poster resmi.

“Saya pernah bertanya kepada petugas BPJS SATU yang memakai rompi hijau soal antrean online di aplikasi Mobile JKN. Awalnya saya kurang paham cara mengambil nomor antrean lewat aplikasi. Setelah dijelaskan, ternyata mudah. Saya tidak perlu datang terlalu pagi, cukup mengikuti estimasi waktu yang ada di aplikasi,” jelasnya.

BACA JUGA:  Iuran JKN-KIS 500 Warga Kabupaten Cirebon Dibiayai Perusahaan

Maemunah berharap, Program JKN terus hadir untuk membantu masyarakat mengakses layanan kesehatan secara mudah dan terjangkau. Ia juga mengapresiasi petugas kesehatan dan BPJS Kesehatan yang terus menghadirkan inovasi untuk mempercepat pelayanan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada rumah sakit dan tenaga kesehatan yang sudah melayani dengan baik. Terima kasih juga untuk BPJS Kesehatan yang memudahkan peserta JKN, terutama dengan adanya petugas BPJS SATU yang sigap menjawab pertanyaan dan membantu peserta. Kami jadi merasa tenang selama berobat,” kata Maemunah. (Haris)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *