oleh

Lima Hari Penyekatan di Majalengka, Ratusan Kendaraan Diputarbalik

Citrust.id – Hingga hari kelima larangan mudik lebaran 2021, sebanyak 4.033 kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, di Kabupaten Majalengka telah diperiksa. Sedangkan yang diminta berbalik arah ada 885 kendaraan.

Kapolres Majalengka, AKBP Syamsul Huda, melalui Ps Subbag Humas, Aipda Riyana, mengatakan, sasaran penyekatan adalah kendaraan bernopol luar wilayah Majalengka.

“Jika kepentingannya murni mudik dan tidak membawa surat perjalanan yang telah ditentukan, maka dengan tegas akan diputarbalik,” katanya, Selasa (11/5).

Operasi Ketupat Lodaya 2021 tersebut, digelar sebagai upaya menjaga keamanan masyarakat selama Ramadan. Selain itu, mencegah penyebaran Covid-19.

Selain di jalur utama, pengawasan juga dilakukan di perbatasan Majalengka dengan kabupaten atau kota lainnya. Pengawasan dilakukan petugas gabungan selama 24 jam.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah saja. Tidak perlu mudik. Ini semua dilakukan sebagai upaya memutus mata rantai penularan Covid-19,” imbaunya.

Sementara itu, memastikan pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2021 berjalan dengan normal dan lancar, Tim Pamatwil Polda Jabar melakukan kunjungan ke pos penyekatan dan pengamanan serta pos pelayanan di wilayah hukum Polres Majalengka.

Tim Pamatwil Polda Jabar mengecek kesiapan posko, personel pengamanan yang terlibat operasi, serta pengecekan pos pengamanan terpadu serta pos penyekatan arus mudik.

Pada kesempatan tersebut, Pamatwil Majalengka, Kombes Pol Wahyu Wim, mengingatkan petugas pos pengamanan agar melaksanakan tugas sesuai dengan SOP dan sasaran Operasi Ketupat Lodaya 2021.

Kombes Pol Wahyu mengintruksikan anggota pos pam tetap menjaga keselamatan dan kesehatan dalam bertugas, Laksanakan tugas dengan ikhlas, tetap jaga keselamatan dan kesehatan serta tetap patuhi protokol kesehatan.

“Penyekatan dilaksanakan secara bergantian. Antisipasi pemudik dilakukan pada malam menjelang pagi hari. Majalengka merupakan tempat wisata berbatasan dengan Ciamis. Lakukan penyekatan dengan bergantian untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tegasnya. (Abduh)

 

Komentar

News Feed