Citrust.id – PT KAI Daerah Operasi 3 Cirebon memberikan apresiasi kepada komunitas pecinta KA atau Railfans yang secara sukarela terlibat memberikan pelayanan kepada para penumpang selama masa Posko Angkutan Natal dan Tahun Baru 2019/2020.
Mereka yang kebanyakan pelajar SMP dan SMA merelakan waktu liburan sekolahnya untuk menjadi relawan dengan membantu penumpang KA atau masyarakat yang sekedar bertanya jadwal perjalanan KA di Stasiun.
Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arif, memaparkan, di wilayah kerja PT KAI Daop 3 Cirebon, terdapat dua komunitas pecinta KA yang tersebar memberikan pelayanan di empat stasiun. Mereka adalah Komunitas Edan Sepur di Stasiun Cirebon dan Stasiun Cirebon Prujakan serta Komunitas Railfans Daop 3 (KRD3) di Stasiun Jatibarang dan Stasiun Haurgeulis.
“Masing-masing komunitas pencinta KA memiliki anggota yang bervariasi jumlahnya, yakni di kisaran 20 hingga 50 orang. Mereka masih berstatus pelajar,” katanya.
Selama Posko, lanjut Luqman, ada sejumlah tugas yang dikerjakan oleh para anggota Railfans secara sukarela. Di antaranya, mengantarkan penumpang agar tak salah nomor kursi dan masuk kereta, membantu penumpang penyadang cacat, dan membantu membawakan tas milik penumpang.
Mereka juga membantu penumpang yang kebingungan melakukan boarding dan check in, memberitahukan informasi jadwal keberangkatan kereta, dan masih banyak lainnya.
“Saya selaku Manager Humas Daop 3 Cirebon mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan dari teman-teman Railfans selama masa angkutan Nataru. Kehadiran komunitas pecinta KA di Stasiun selain membantu juga memberikan semangat kepada para pekerja KAI lainnya,” ujarnya.
Sementara, salah satu railfans, Syahdinar, mengaku senang dengan membantu PT KAI memberikan pelayanan selama pelaksanaan posko Nataru 2019/2020. Selain bangga karena pengetahuan dan kecintaannya terhadap kereta api bisa bermanfaat bagi orang lain. Melalui kegiatan posko tersebut ia bisa bersilaturahmi dengan teman-teman railfans lainnya.
“Kami melakukan ini sukarela tanpa dibayar. Kami senang membantu penumpang dengan menjadi pemandu bagi mereka yang membutuhkan informasi. Kegiatan ini merupakan inisiatif kami dan teman-teman. Kami mengajukan ke PT KAI bahwa kami siap membantu. Kebetulan juga masa posko Nataru bertepatan dengan libur sekolah,” tambahnya.
Selama 15 hari pelaksanaan Posko Nataru, PT KAI Daop 3 Cirebon telah melayani sebanyak 113.109 penumpang yang naik dari stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon. Jumlah itu naik empat persen dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 109.179 penumpang. Masa angkutan Nataru berlangsung dari tanggal 19 Desember 2019 hingga tanggal 5 Januari 2020. (Haris)