oleh

Layanan Tes GeNose Hadir di Stasiun Haurgeulis dan Brebes

Citrust.id – Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi penumpang KA, tes GeNose C-19 bertarif Rp30 ribu telah hadir di Stasiun Haurgeulis dan Stasiun Brebes. Layanan itu terselenggara atas kerja sama antara PT KAI Daop 3 Cirebon bersama PT Farmalab.

Jam pelayanan di Stasiun Haurgeulis dimulai pukul 07.30 hingga 17.00 WIB. Sedangkan di Stasiun Brebes mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Kehadiran tes GeNose C19 itu diharapkan bisa menjadi alternatif lokasi pelayanan bagi para penumpang.

“Sebelumnya, layanan serupa hadir di Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan dan Stasiun Jatibarang. Nantinya, para penumpang bisa memilih layanan GeNose yang terdekat dengan stasiun keberangkatannya dalam mendapatkan surat bebas Covid-19,” jelas Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon.

Suprapto menjelaskan, hingga akhir Mei, terdapat lima stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19. Hasil pemeriksaan GeNose C19 di lima stasiun tersebut dapat dipakai untuk keberangkatan di seluruh stasiun yang melayani perjalanan KA Jarak Jauh.

Sejak 1 Maret hingga 18 Mei, penumpang KA yang telah mengunakan layanan tes GeNose di tiga stasiun wilayah Daop 3 Cirebon mencapai 23.223 orang. Sedangkan rapid test antigen 3.763 orang.

Sebagai salah satu persyaratan protokol kesehatan dalam menggunakan KA Jarak Jauh, pelanggan KA diharuskan menunjukkan surat keterangan negatif tes GeNose C19 atau rapid test antigen (RT-PCR).

Untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas. Calon penumpang tidak boleh merokok, makan, dan minum, kecuali air putih, selama 30 menit sebelum tes. (Haris)

Komentar

News Feed