oleh

Lanal Cirebon Bekali Pramuka Saka Bahari Semangat Bela Negara

Citrust.id – Tidak kurang dari 200 anggota Pramuka mengikuti Perkemahan Bakti Genta Bahari, Pelatihan Bela Negara dan Kedisplinan yang diadakan Pangkalan TNI Angkatan Laut Cirebon.

Komandan Lanal Cirebon Letkol Laut (P) Agung Nugroho, menjelaskan, Perkemahan Bakti Genta Bahari, Pelatihan Bela Negara dan Kedisiplinan merupakan salah satu upaya pembelajaran bagi generasi muda. Pada masa depan, mereka akan memegang tongkat estafet kepemimpinan Indonesia.

“Oleh karena itu, sangat penting artinya bagi generasi muda untuk paham dan mengerti bela negara untuk menuju NKRI yang disegani masyarakat dunia dan menjdi poros maritim dunia,” katanya.

Seperti diketahui bersama, lanjut Agung, duapertiga luas negara Indonesia terdiri dari lautan. Ditinjau dari hal itu, Indonesia adalah negara maritim. Sebagai insan bahari, sepatutnya generasi muda ikut peduli terhadap kelautan Indonesia.

“Sumber daya laut kita yang amat banyak membutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni dan punya kepedulian yang tinggi terhadap laut. Di tangan generasi muda, masa depan bangsa ini jadi pertaruhan,” katanya.

Agung berpesan kepada semua peserta kegiatan untuk tetap memegang teguh Dasadharma dan Trisatya Pramuka sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Setiap kegiatan harus dipersiapkan dengan benar, perencanaan yang detail, dan dimengerti oleh seluruh peserta serta individu yang terlibat.

Selain itu, imbuh Agung, dalam pelaksanaannya harus berdasarkan prosedur keamanan sehingga menghasilkan kegiatan zero accident. Ikuti dengan seksama semua materi agar mencapai hasil maksimal

“Tetap semangat. Kalian adalah insan generasi muda penerus bangsa. Melalui kegiatan ini, kalian akan mendapatkan pengalaman dan wawasan yang bisa diaplikasikan kelak saat menghadapi situasi yang lebih kompleks,” pungkasnya. (Haris)

BACA JUGA:   Kenang Jasa Pahlawan, Lanal Cirebon Tabur Bunga di Laut

Komentar

News Feed