oleh

Lanal Cirebon Ajak Generasi Muda Bergabung di TNI AL

Citrust.id – Pangkalan TNI AL Cirebon (Lanal Cirebon) bersama Lantamal III mengadakan sosialisasi penerimaan calon prajurit TNI AL di SMKN 2 Cirebon, Jalan Cipto, Kota Cirebon, Selasa (4/2).

Pada kesempatan itu, Asisten Personel (Aspers) Danlantamal III Kolonel Laut (S) Binsar M. Sirait, S.E., M.Si, menuturkan, kegiatan itu bertujuan merekrut calon prajurit TNI Angkatan Laut dari SMA, SMK maupun Madrasah Aliyah (MA) di Kota Cirebon.

“Kami memberikan sosialisasi cara masuk TNI AL serta persiapannya. Dengan demikian, saat melaksanakan tes benar-benar sudah bisa memenuhi standar TNI AL,” tuturnya.

Ia menjelaskan, tahun ini, TNI AL membuka pendaftaran yang dibagi dalam dua gelombang. Adapun penerimaan calon prajurit TNI AL sebanyak 1800 orang.

Gelombang pertama penerimaan 720 bintara pria dan 80 bintara wanita 80. Gelombang kedua 630 bintara pria dan 70 bintara wanita. Sedangkan untuk Akademi Angkatan Laut jumlah kurang lebih 130 orang, terdiri dari 115 taruna 115 orang dan Taruni 15 orang.

“Tes penerimaan calon prajurit TNI AL tidak memungut biaya sepeserpun dan tidak ada KKN,” tegas Danlantamal.

Di tempat yang sama, Danlanal Cirebon, Letkol Laut (P) Agung Nugroho, mengatakan, sosialisasi penerimaan calon prajurit TNI AL rutin dilaksanakan tiap tahun. Di Cirebon, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Cirebon mencari bibit calon prajurit TNI AL yang punya standar dari TNI AL.

“Generasi muda di Pantai Utara diharapkan bisa bergabung. Mereka berhak mendaftarkan diri untuk mengabdi pada negara melalui prajurit TNI Angkatan Laut. Pendaftaran ini tidak dipungut biaya sepeserpun,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 2 Kota Cirebon, D. Kismono, mengucapkan terima kasih kepada TNI Angkatan Laut yang telah memberikan sosialisasi kepada para siswa.

BACA JUGA:   Pemuda Cikijing Ciptakan Tungku Sampah Penghasil Pupuk Pestisida

“Kegiatan ini akan menimbulkan pengetahuan anak-anak terhadap Angkatan Laut,” ujarnya. (Haris)

Komentar

News Feed