oleh

Kota Cirebon akan Lakukan Pemasangan Kabel Komunikasi di Bawah Tanah

Cirebonturst.com – Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (DKIS) mendorong program ducting bersama kabel telekomunikasi di Kota Cirebon. Ducting bersama ini bagian dari rencana jangka panjang program smart city. Skala pioritas program ini di jalan protokol yang kemudian di lanjutkan ke seluruh wilayah di Kota Cirebon.

Kepala DKIS Kota Cirebon Iing Daiman menjelaskan, DKIS sudah berkomunikasi dengan PT Jabar Telematika yang ada di Bandung dan PD Pembangunan untuk membuat kesepakatan atau Mou ducting bersama kabel telekomunikasi di Kota Cirebon. Rencananya Mou tersebut akan dilaksanakan pada akhir Oktober mendatang.

“Kami sudah coba bangun komunikasi dengan PT Jabar Telematika dan PD Pembangunan sebagai pemilik aset dan klasifikasi usaha. Tadinya awal Oktober namun diundur, perkiraan tanggal 24 Oktober Mou bisa dilaksanakan,” ungkapnya kepada CR usai rapat dengan komisi 1 di Griya Sawala, Kamis siang (04/10).

Ducting bersama ini memiliki banyak manfaat, diantaranya seluruh kabel telekomunikasi yang ada di Kota Cirebon akan terpasang di bawah tanah, sehingga tidak lagi terlihat semrawut. Kemudian DKIS sebagai penyedia layanan publik meminta slot pemasangan kabel optik secara gratis sebagai bagian dari kesepakatan terebut.

“Kalau ini bisa terwujud, maka tidak ada lagi kabel telekomunikasi yang ada di atas yang terlihat semrawut dan kami akan minta slot untuk layanan publik,” tambahnya.

Biaya untuk ducting bersama diperkirakan mencapai Rp22 Miliar dan di tanggung PT Jabar Telematika, sehingga penyedia jasa layanan telekomunikasi akan menyewa pada PT Jabar Telematika atau ke PD Pembangunan Kota Cirebon. Sementara untuk peran Wali Kota Cirebon agar membuat regulasi yang jelas tentang larangan pemasangan kabel optik bagi penyedia komunikasi. (Agus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed