oleh

Korem 063/SGJ Cirebon Jalankan Program PPBN di Ponpes An Nasher Kaliwadas

Cirebontrust.com – Program pemerintah yakni Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) terus dilaksanakan dengan melakukan kerjasama sejumlah pomdok pesantren yang ada di Indonesia.

Melalui program PPBN, dilaksanakan juga bagi santri Pondok Pesantren, tujuannya selain menyiapkan generasi muda bangsa yang berwawasan kebangsaan.

Serta, cinta tanah air dan memiliki karakter unggul, juga sekaligus merupakan upaya untuk menjadikan pesantren sebagai salah satu poros pengembangan generasi muda bangsa yang berkualitas.

Komandan Korem 063/SGJ Cirebon, Kolonel Inf Veri Sudijanto Sudin SIP secara simbolis membuka acara PPBN di Pondok Pesantren An Nasher, Kelurahan Kaliwadas, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon baru-baru ini.

Danrem 063/SGJ Cirebon, Kolonel Inf Veri Sudijanto Sudin SIP dalam sambutannya, gerakan membela dan mempertahankan negara, merupakan hak sekaligus kewajiban warga negara sesuai sabda Rasulullah Muhammad SAW Khabbul Wathan Minal Iman cinta tanah air adalah bagian dari iman.

Juga, kata dia sesuai pula dengan yang diamanatkan dalam UUD 1945 pasal 30 tentang Bela Negara. Selanjutnya, menurutnya dalam pasal 9 UU nomor 3 Tahun 2002, tentang Pertahanan Negara juga disebutkan bahwa keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara, diselenggarakan melalui pendidikan kewarganegaraan.

“Salah satu bentuk pendidikan tersebut, adalah melalui PPBN di tiga lingkungan yaitu lingkungan pemukiman, lingkungan pekerjaan dan lingkungan pendidikan, termasuk di dalamnya lingkungan Pondok Pesantren,” jelasnya.

Sementara Pasi Binwanwil (Pembinaan perlawanan wilayah), Mayor Juhok Sukmawan menyampaikan Berkaitan dengan PPBN yang dilaksanakan di Pontren An Nasher selama dua hari, diikuti oleh 500 santri.

“Ini, merupakan kegiatan yang dilaksanakan bekerjasama dengan pemerintah daerah dan pengurus Pondok Pesantren,” pungkasnya. (Sukirno Raharjo)

BACA JUGA:   Sebanyak 163 Rumah akan Dibangun melalui Program BSPS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed