oleh

KLH Kota Cirebon: Bank Sampah Sebagai Alternatif Penanggulangan Sampah di Kota Cirebon

Cirebontrust.com – Meningkatnya volume sampah di kota Cirebon, ditanggulangi oleh Kantor Lingkungan Hidup Kota Cirebon dengan membuat bank-bank sampah di setiap RW. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala KLH Kota Cirebon, Agung Setdjiono saat meresmikan bank sampah di Karanganyar RW 01, Kelurahan Kesambi, Kota Cirebon.

“Dalam Undang-undang persampahan terkait penanggulangan sampah terbagi menjadi dua strategi, yakni Pengurangan dan Penanganan. Nah, dalam pengurangan ini, bank sampah termasuk solusinya,” jelasnya.

Adanya bank sampah, diharapkan oleh Agung untuk mereduksi rate sampah di kota Cirebon, yang tiap harinya mencapai angka 800 meter kubik. Bank sampah juga sebagai upaya untuk meraih cita-cita Cirebon bersih 2020.

“Kami berharap adanya pengurangan 50 persen dari sampah yang dihasilkan. Saya kira dengan adanya bank sampah, nasabah (masyarakat yang menyetor sampah, red) juga mendapatkan untung dari sampah,” tegasnya.

Dari bank-bank sampah yang diinisiai Pemerintah Kota Cirebon, bersama masyarakat yang dinyatakan aktif, lanjut Agung, baru ada sekitar 10 bank sampah.

Namun, hal tersebut akan terus didorong untuk ditingkatkan jumlahnya, terlebih ke depan Kantor Lingkungan Hidup Kota Cirebon sendiri akan menjadi Dinas Lingkungan Hidup. (Roy)

BACA JUGA:   Ribuan Warga Ikuti Nyiramkeun Pusaka Kerajaan Talaga Manggung

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed