oleh

Kendaraan Putar Arah Sembarangan, Penyebab Kemacetan Kota Cirebon

CIREBON (CT) – Naiknya volume kendaraan di Kota Cirebon nampaknya sudah tidak bisa lagi dicegah. Potensi pariwisata yang terus dipromosikan, naiknya pamor Cirebon Metropolitan, ditambah mudahnya akses masuk imbas hadirnya Tol Cipali, membuat lalu lintas kota seluas 38 kilometer persegi itu padat merayap.

Banyaknya kendaraan yang melintas menyebabkan, sedikit saja kesalahan manajerial lalu lintas, bisa berakibat menumpuknya kendaraan di satu titik.

Dinas Perhubungan, Informatika dan Komunikasi (Dishubinkom) Kota Cirebon menyebutkan, salah satu penyebab kemacetan di Kota Cirebon adalah banyaknya kendaraan yang memutar arah sembarangan.

“Salah satu contoh di Jalan Kartini, di simpang KS Tubun-Tanda Barat, sering sekali kendaraan yang putar arah sembarangan. Ditambah pintu perlintasan kereta yang setiap 10 menit sekali menutup, maka jadi lah kemacetan,” ujar Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan, Informasi dan Komunikasi (Dishubinkom) Kota Cirebon, Syaroni.

Selain di Jalan Kartini, Jalan lain seperti Jalan Ciptomangunkusumo pun tak pelak sering dihinggapi kemacetan. Banyaknya U-turn di median jalan dari SMAN 2 Kota Cirebon hingga pusat perbelanjaan Carrefour membuat seabrek kendaraan ramai-ramai putar arah.

Belum lagi lampu merah di simpang jalan Pemuda-Sudarsono yang macet karena terjadi penyempitan jalan.

Kemacetan makin tak tertolong di Jalan Ciptomangunkusumo jika liburan tiba. Banyaknya warga yang berbondong masuk pusat perbelanjaan membuat lalu lintas menjadi sangat membosankan. Putar arah kendaraan, hingga berhenti mendadak sering terjadi.

Bahkan, beberapa kendaraan sering tepergok parkir di jalan yang memang ramai pusat perbelanjaan dan kafe itu.
Kasus yang sama pun terjadi di Jalan Wahidin depan pusat sekolah, Jalan Siliwangi arah Pasar Pagi, hingga Jalan Slamet Riyadi Krucuk.

Mungkin kemacetan Kota Cirebon kini masih dalam tingkat “dimaafkan” dibanding kemacetan yang parah di Jakarta ataupun kota besar lainnya. Namun, tanpa adaya penanganan dini dari kemacetan, hanya akan membuat Kota Cirebon amburadul secara lalu lintas di kemudian hari.

BACA JUGA:   Rehabilitasi Hutan dan Lahan Harus Libatkan Berbagai Pihak

“Kita akan berikan solusi atas beberapa titik kemacetan di Kota Cirebon saat ini. Kan macet sekarang kebanyakan kendaraan yang sembarang memutar arah. Makanya kita akan tertibkan segera,” pungkas Syaroni. (Wilda)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed