oleh

Karang Taruna Kabupaten Cirebon Gelar Turnamen Catur Peringatan HUT RI ke 72

Cirebontrust.com – Lembaga Karang Taruna Kabupaten Cirebon menyelenggarakan kegiatan open turnamen catur se Kabupaten Cirebon, dalam peringatan HUT RI ke 72 tahun 2017.

Kegiatan tersebut digelar pada mulai tanggal 16-17 Agustus 2017 mendatang, bertempat di Moza Café dan Resto Sumber, Kabupaten Cirebon.

Menurut Ketua Panita Open Turnamen Catur, Soleh Hanton kegiatan turnamen catur merupakan kerjasama antara Karang Taruna Kabupaten Cirebon, Moza Café dan Resto Sumber serta persatuan catur seluruh Indonesia (Percasi).

“Kegiatan tersebut sengaja digelar pihaknya dalam memperingati HUT RI ke 72 tahun,” kata Soleh Hanton kepada awak media.

Dikatakannya pihaknya mengambil cabang olahraga catur menjadi pilihan untuk diturnamenkan, karena di Kabupaten Cirebon belum pernah diadakan. Artinya, kata dia turnamen tersbeut merupakan kegiatan perdana.

“Kalau untuk cabang olahraga lain seperti sepak bola, voly dan yang lainnya sudah sering kita lakukan,” kata Hanton saat jumpa persnya di salah satu tempat.

Open turnamen tersebut dibuka untuk umum. Namun katanya, dikhususkan bagi masyarakat yang berdomisili atau ber-KTP Kabupaten Cirebon.

Syarat lainnya, kata dia, yakni melakukan pendaftaran di Sekretariat Karang Taruna Kabupaten Cirebon yang beralamat di Jl. Pangeran Kejaksan No. 49 A Sumber atau tepat di samping Puskesmas Sumber.

“Untuk pendaftaran kita akan buka mulai tanggal 11 sampai dengan 15 Agustus 2017, dibuka mulai Pukul 09:00-15:00 WIB. Peserta hanya dikenakan uang pendaftaran Rp 50.000 saja,” kata Soleh.

Kegiatan ini dengan tujuan digelarnya open turnamen catur tersebut yakni, pertama agar tertanamnya nilai-nilai kepahlawanan dalam bentuk semangat pantang menyerah, menjunjung tinggi nilai solideritas serta sportivitas dalam jiwa peserta pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.

Agar tergalinya potensi-potensi olahragawan catur, terbianya spirit bagi para pemuda di wilayah Kabupaten Cirebon, meminimalisir pertumbuhan pengangguran di wilayah setempat, dan yang terakhir yakni mengurangi masalah kesejahteraan sosial yang ada di daerahnya.

BACA JUGA:   Penjual Es yang Ditangkap Densus 88 Diduga Terlibat Jaringan JAD

Sementara itu Sekretaris Umum Percasi Kabupaten Cirebon sekaligus seksi pertandingan dalam turnamen catur tersebut, Eka Wahidin menjelaskan, dalam ketentuan-ketentuan pertandingan nanti.

Selain peserta dikhusukan bagi warga Kabupaten Cirebon, juga pertandingan yang digunakan yakni catur cepat 25 menit dengan sistem swis tujuh babak.

“Kemudian pemain atau peserta membawa peralatan catur sendir. Dan peserta juga kita batasi hanya sampai 100 orang saja, Kami berharap muncul olahragawan catur yang andal di Kabupaten Cirebon,” pungkasnya. (Sukirno Raharjo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed