oleh

Jembatan Penghubung Dua Kecamatan Nyaris Putus

Cirebontrust.com – Jembatan yang menguhubungkan wilayah Desa Buntet, Kecamatan Astanajapura dengan Desa Gumulungtonggoh, Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon nyaris putus. Kondisi badan jembatan mulai ambrol diduga karena tergerus arus sungai.

Menurut warga Desa Buntet, Sukarya cuaca ekstrim yang terjadi sejak awal Desember lalu, mengakibatkan jembatan yang menghubungkan dua kecamatan nyaris putus. Karena, bagian bawah jembatan tergerus arus yang sangat deras.

“Sejak satu pekan lalu bagian jembatan ini terus tergerus arus Sungai Salam. Lambat laun akan terus mengikis di bagian bawahnya dan berdampak, pada terputusnya jembatan ini,” katanya, Senin (19/12).

Masih dikatakan, Sukarya jembatan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya petani, anak sekolah di kedua kecamatan. Karenanya itu, perlu ada perbaikan segera, agar masyarakat tak kesulitan untuk aktivitas.

“Jika sampai menunggu putus jembatan itu, karena mengganggu masyarakat yang aktivitas. Mereka harus memutar sekitar lima kilometer, kasihan bagi para pengendara motor dan mobil. Selain pejalan kaki yang melewati jembatan tersebut,” keluhnya.

Sementara itu, Kuwu Desa Buntet, Edi Suhaedi mengungkapkan sejak adanya laporan masyarakat tentang jembatan yang nyaris putus. Dirinya langsung meninjau lokasi dan dia melihat bagian bawah jembatan tersebut sudah tergerus. Sehingga, sangat membahayakan pengendara mobil dan motor.

“Saat itu juga saya langsung berkomunikasi dengan dinas terkait, untuk segera dilakukan perbaikan. Hal ini dikarenakan, kewenangan pemerintah kabupaten. Sehingga, harus secepatnya dilakukan perbaikan,” pinta Edi.

Edi menjelaskan, jembatan yang membelah Sungai Salam ini dibangun sekitar 1983 lalu, dengan panjangnya sekitar tujuh meter dan lebar lima meter.

Sejak dibangunnya jembatan tersebut, belum pernah dilakukan perbaikan menyeluruh. Artinya, bagian bawah dari jembatan itu belum diperbaiki. Sehingga, ketika arus deras, mudah terkisis dan lambat laut jembatan ini putus.

BACA JUGA:   Menanti Sentuhan Kadis Baru Kelola Pariwisata Kota Cirebon

“Diharapkan secepatnya dilakukan perbaikan secara menyeluruh, agar masyarakat tak merasa khawatir, saat melintasi jembatan ini,” tukasnya.‎ (Riky Sonia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed