oleh

Ini yang Harus Dilakukan Orang Tua bila Anak Terkena Kanker

Cirebontrust.com – Pemerintah Kota Cirebon melalui Dinas Kesehatan Kota Cirebon, menggelar seminar umum bertajuk Pengenalan Dini Kanker pada Anak.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Dr. H Eddy Sugiarto, M. Kes memaparkan bahwa peran orangtua sangat penting dalam mendeteksi gejala kanker pada anak.

Menurut Eddy, orang tua harus memiliki pengetahuan, karena kanker pada anak sangat sulit dideteksi, berbeda dengan kanker pada orang dewasa.

Seminar yang diikuti oleh ratusan ibu-ibu ini digelar atas kerjasama Pimpinan Daerah Aisyiyah dengan Yayasan Onkologi Anak Indonesia. Seminar ini berlangsung di Aula Klinik Pratama Akbid Muhammadiyah Cirebon.

Dikatakannya, sampai saat ini dari sekian banyak kanker yang dapat ditemui pada anak, hanya satu jenis yang bisa dideteksi secara dini, yakni kanker bola mata atau dikenal dengan istilah retinoblastoma.

“Karenanya, penting bagi orangtua untuk mengetahui dan mewaspadai gejala kanker pada anak, mengingat baru satu jenis yang dapat dideteksi secara dini” ujarnya pada seminar, Sabtu (03/12).

Eddy melanjutkan, deteksi dini untuk retinoblastoma dinamakan ‘lihat merah’. Pemeriksaannya pun tidak harus ke rumah sakit besar, karena juga bisa diperiksa oleh seorang tenaga kesehatan yang telah dilatih sebelumnya.

“Di Puskesmas pun bisa diperiksa dengan menggunakan alat yang disebut ophthalmoscope, suatu alat untuk melihat bagian dalam dari mata anak” ungkapnya.

Selain Retinolastoma, Eddy mengatakan bahwa kanker pada anak berbeda dengan kanker pada orang dewasa yang bisa dicegah, namun berbeda pada anak tidak bisa dilakukan pencegahan.

Eddy menyebutkan apa gunanya orangtua mengajarkan pola hidup dan pola makan sehat kalau pada kenyataannya kanker pada anak juga tidak bisa dicegah.

Dia juga mengungkapkan, pola hidup dan makan sehat tetap harus diajarkan kepada anak-anak sejak usia dini, memang bukan bertujuan untuk mencegah kanker yang timbul, namun lebih kepada pencegahan agar saat anak-anak menginjak usia dewasa, mereka dapat terhindar dari berbagai jenis kanker yang biasanya menyerang orang dewasa.

BACA JUGA:   Bawaslu Majalengka Gelar Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif

“Jadi orang tua bila mencurigai anaknya terkena kanker, sebaiknya orang tua segera membawanya ke rumah sakit dan mengonfirmasi apakah gejala yang dijumpai benar kanker atau bukan,” pintanya.

Pada seminar ini, para peserta juga diberikan buku tentang kanker pada anak. Eddy berharap buku yang dibagi dapat menambah pengetahuan para orang tua, dalam upaya mengenali kanker secara dini, dan ketika menemukannya segera membawa anaknya untuk segera diperiksa dan diobati dengan baik dan tuntas. (Wilda)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed