oleh

Ini Tips Agar Anak tak Berlaku Hidup Hedonis

CIREBON (CT) – Pergaulan dan gaya hidup anak-anak muda saat ini yang cenderung hedonis atau hura-hura, mengutamakan kesenangan materi, membuat para orang tua was-was.

Apalagi, sudah banyak contoh yang memperlihatkan bagaimana anak-anak yang beranjak remaja mulai menerapkan gaya hidup tersebut. Itu sebabnya dibutuhkan perhatian khusus dari orangtua untuk membentuk anak-anak mereka agar tidak terjebak gaya hidup hedonis.

Bukan persoalan mudah tentunya. Apalagi, lingkungan sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Perlu pendekatan cerdas agar anak-anak bisa menerima nasehat atau pendidikan yang mereka butuhkan.

Berikut ini 10 cara yang wajib ditanamkan orang tua kepada anaknya sebagaimana dilansir brilio.net dan Nice Kidz.

1. Ajarkan anak beribadah sejak dini
Ajaran agama akan menuntun seseorang ke jalan yang benar, karena itu didik anak Anda untuk selalu mendekatkan diri kepada tuhan agar tidak mudah tergoda oleh iming-iming kenikmatan sesaat dunia.
2. Hidup sederhana
Sebaiknya jangan selalu memberikan anak fasilitas yang serba mewah. Beri oengertian ke mereka bahwa hidup sederhana bukan berarti serba kekurangan. Melainkan cara hidup yang bertujuan menjauhkan diri dari sifat tamak dan serakah.
3. Usaha/Kerja keras
Anaka-anak perlu memahami bahwa untuk bisa bertahan hidup harus dengan usaha. Ajari anak bahwa untuk mendapatkan sesuatu perlu usaha.
4. Tidak konsumtif
Arahkan mereka untuk mampu memanfaatkan uang dengan sederhana. Jangan pergunakan uang untuk membeli sesuatu yang tidak perlu.
5. Jangan selalu menuruti keinginannya
Jangan selalu menuruti keinginan buah hati Anda, jika tidak Anda sudah mengajari mereka untuk tumbuh menjadi pribadi egois dan manja. Cukup berikan apa yang hanya si anak perlukan saja.
6. Selalu bersyukur
Ajari anak-anak untuk selalu bersyukur atas semua yang telah dimilikinya.
7. Mengetahui teman-teman anak
Berhati-hati dalam memilih teman. Tidak semua bisa dijadikan teman anak kita. Mereka harus tahu bahwa pengaruh besar dalam kehidupannya berasal dari teman.
8. Jangan hitung kebahagiaan anak hanya dari materi
Anak-anak harus tahu bahwa harta benda dunia bukanlah segalanya. Kebahagiaan juga bisa datang dari hati yang tentram dan keluarga yang bahagia.
9. Ajari anak agar tidak suka iri
Ajarkan anak untuk tidak mudah iri kepada orang lain. Bila mereka menginginkan sesuatu yang orang lain miliki, beri pengertian kepada mereka agar berusaha dengan keras untuk mendapatkannya.
10. Berikan teladan
Biarkan anak-anak melihat contoh melalui teladan yang nyata. Berikan mereka cintih hidup yang bersahaja supaya mereka terdorong melakukan hal yang sama. (Haris/net)

Komentar

News Feed