oleh

Ingin Ganti Foto KTP, Puluhan Warga Padati Kantor Disdukcapil

Citrust.id – Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon diserbu puluhan warga. Mereka mengantre di loket pendaftaran untuk mengganti foto Kartu Tanda Penduduk (KTP), Rabu (24/2) pagi.

Kepala Disdukcapil Kota Cirebon, Atang Hasan Dahlan mengakui, antrean warga yang hendak mengganti foto KTP membludak. Hal itu sudah diantisipasi, karena sudah mendengar program pergantian foto dari Ditjen Dukcapil.

“Awalnya memang siap diprogramkan melalui online. Namun, setelah uji coba belum bisa. Jadi ditunda. Ternyata pihak Ditjen Dukcapil mempublikasikan, sehingga kami tinggal menyiapkan,” ujarnya.

Atang mengungkapkan, hari ini adalah hari pertama program pergantian foto KTP.  Setelah itu, Disdukcapil akan menentukan hari pelayanan agar tidak membludak dengan membatasi jumlah pelayanan.

“Hari ini ada 35 orang. Layanan yang diberikan hanya ganti foto, tidak termasuk data. Sebelumnya tidak berjilbab diganti berjilbab. Foto juga harus jelas. Nanti kita ubah jadwalnya jadi Rabu dan Jumat,” katanya.

Salah satu warga Pancuran, Kecamatan Kejaksan, Wartini mengatakan, sebelumnya foto dalam KTP tidak berjilbab. “Saya mendengar ada program ini, jadi langsung antre sejak pagi. Alhamdulillah, langsung cetak jadi,” ujarnya.

Perlu diketahui, pergantian foto KTP itu merupakan kebijakan Ditjen Dukcapil dan sempat viral di media sosial. Warga yang ingin mengganti foto KTP cukup membawa KTP asli dan Kartu Keluarga (KK), termasuk bagi warga yang memiliki KTP rusak dan buram. (Aming)

Komentar

News Feed