oleh

Indosat Catat Lonjakan Trafik Data pada Momen Tahun Baru 2024

Citrust.id – Indosat Ooredoo Hutchison catat lonjakan trafik data harian tertinggi sebesar 8,9 persen berbanding hari normal pada liburan akhir tahun 2023.

Desmond Cheung, Director & Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison menyampaikan, kepercayaan 100 juta pelanggan Indosat Ooredoo Hutchison merupakan bagian terpenting bagi Indosat.

Indosat berhasil memenuhi tingginya kebutuhan digital pelanggan selama masa liburan akhir tahun ini.

“Hal ini tak lepas dari dedikasi penuh seluruh tim Indosat dan mitra di lapangan, dalam memastikan tersedianya layanan telekomunikasi yang optimal. Pelanggan pun dapat melewatkan momen spesial bersama keluarga dan orang tercinta,” ujarnya.

Indosat catat lonjakan trafik data sebesar 8,4 persen pada 24 Desember 2023 dan 8,9 persen pada 31 Desember 2023 berbanding rata-rata periode hari normal.

Peningkatan trafik data yang signifikan pada masa liburan akhir tahun terlihat di beberapa kota di Pulau Jawa. Antara lain, Bandung, Banjarnegara, Bogor, Karawang, Kediri, Madiun, Malang, Purwakarta, Purwokerto, Tangerang, Tasikmalaya, dan Tegal.

Sementara, di luar Pulau Jawa, Kota Balikpapan, Bandar Lampung, Bali, Bone, Gowa, Kotabumi, Medan, Metro, Pare-Pare, Pontianak, dan Samarinda, merupakan kota dengan lonjakan trafik data yang paling tinggi.

Pada malam pergantian tahun, platform digital seperti WhatsApp, Instagram, YouTube, Facebook, dan TikTok, berkontribusi besar dalam melonjaknya konsumsi data pelanggan Indosat.

Peningkatan permainan game online, seperti Mobile Legends, Roblox, Call of Duty, Genshin Impact, dan PUBG, turut memicu kenaikan trafik data.

Hal serupa terjadi pada platform digital Indosat, myIM3 dan bima+, di mana terjadi peningkatan aktivitas pengguna sebesar hampir 1 juta pelanggan, berbanding rata-rata periode hari normal. Hal tesebut dipicu oleh pembelian paket layanan dan juga akses ke layanan on-demand.

Dalam memenuhi lonjakan trafik data, Indosat telah meningkatkan konektivitas jaringannya secara proaktif dengan melakukan optimasi pada 434 lokasi prioritas dan peningkatan kapasitas di 527 titik.

Indosat juga telah menggelar uji coba jaringan di jalur dan wilayah yang akan mengalami peningkatan perjalanan selama liburan. Antara lain, Trans Jawa, Trans Sumatera, Cikampek, Samarinda, dan Balikpapan.

Hasil optimalisasi dan peningkatan kapasitas jaringan itu secara terus menerus dimonitor oleh Command Center 24/7 yang berpusat di Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC).

Command Center fisik terpusat itu didukung teknologi Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi agar dapat memantau ketersediaan dan kualitas jaringan. Termasuk mengatasi tantangan dan keluhan yang muncul untuk menjaga kenyamanan pelanggan menggunakan layanan Indosat.

Aktivitas peningkatan kualitas jaringan dan operasional Command Center fisik terpusat telah dilakukan untuk memastikan pelanggan Indosat menikmati pengalaman digital yang mengesankan.

Aplikasi dan dashboard khusus, seperti Operational Dashboard, Performance Dashboard, NetDrone, dan Subscriber Movement Dashboard, siap untuk memantau status performa jaringan dan pengalaman digital pelanggan secara proaktif. Dengan dukungan teknologi itu, Indosat dapat mempercepat penanganan kendala jaringan yang terjadi pada awal tahun 2024.

Pusat pelayanan pelanggan Indosat melalui brand IM3, Tri, dan Indosat HiFi juga turut siaga Berbagai penawaran khusus dapat pelanggan nikmati dengan mengakses www.im3.id/tahunbaru, www.bima.tri.co.id, dan www.hifi.ioh.co.id.

Pelanggan juga dapat mengunjungi gerai IM3, 3Store, serta menghubungi layanan pelanggan melalui saluran resmi official WhatsApp untuk IM3 (08551000185) dan Tri (08999800123), aplikasi myIM3 dan bima+, Twitter (@IndosatCare dan @3CareIndonesia), serta email (cs@im3.id dan 3Care@three.co.id).

“Upaya Indosat dalam menjaga performa jaringan dan menghadirkan layanan telekomunikasi digital, membuktikan komitmen kami untuk terus menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” pungkas Desmond. (Haris)

Komentar