oleh

HUT ke-80 RS Paru Sidawangi, Tingkatkan Pelayanan Penanganan Tb

Citrust.id – Rumah Sakit Paru Sidawangi Provinsi Jawa Barat berulang tahun yang ke-80 pada November mendatang, dengan mengusung tema “Paru Sehat, Keluarga Bahagia”. Namun, untuk memeriahkan peringatan tersebut, RS Sidawangi sudah menyiapkan beberapa kegiatan sebagai rangkaian hari ulang tahun yang bertema “Paru Sehat, Keluarga Bahagia, Jabar Juara”.

Kegiatan yang diselenggarakan tersebut diantaranya seminar dengan tema “Update Penatalaksanaan Tuberkulosis (Tb) Resisten Obat dan Tb Penyulit Diabetes Melitus” untuk para petugas medis se-wilayah III Cirebon, Sabtu (19/10). Kegiatan yang berlangsung sejak pagi tersebut, dihadiri dokter spesialis, dokter umum, perawat, bidan, serta petugas kesehatan lainnya.

Ketua pelaksana kegiatan, Heni Heryanto mengatakan, seminar ini dihadiri sebanyak 450 peserta. Dengan tujuan, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petugas medis dalam pelaksanaan penanganan pasien Tb.

“Kita ingin menempatkan Tb sebagai isu utama fasilitas kesehatan di wilayah III Cirebon. Karena Indonesia peringkat ketiga tertinggi, setelah China dan India. Sedangkan Jawa Barat menjadi yang paling banyak se-Indonesia warga yang terkena Tb,” katanya.

Kewaspadaan petugas medis, kata Heni, dalam pencegahan dan pengendalian infeksi TB juga harus dilakukan. “Melalui seminar ini, jadi upaya kita untuk menegah dan menekan angka pasien Tb,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Direktur Bidang Pelayanan Medis, dr Hadri Pramono MARS menjelaskan, kegiatan ini menjadi refresh bagi petugas medis, khususnya yang tersebar di wilayah III Cirebon terkait penanganan medis untuk pasien TB.

“Kita ingin mengingatkan kembali kepada petugas medis, untuk bersama-sama menekan angka pasien Tb. Karena kini ada obat yang sudah tidak mempan untuk mengobati Tb atau disebut Tb resisten obat,” ujarnya.

Hadir juga menjelaskan, jumlah pasien TB hingga menempatkan Jabar menjadi yang tertinggi di Indonesia, lantaran sudah mencapai 80 ribu pasien. “Semua fasilitas kesehatan di wilayah III Cirebon harus ditingkatkan,” katanya.

BACA JUGA:   Hadir di Foodalicious, SamWon Express Luncurkan Menu Baru

Selain seminar, dalam rangkaian acara yang dimotori PT Bintang Asia Promosindo ini, turut digelar lomba mewarnai untuk tingkat TK dan SD Kelas VI, serta lomba Hafidz Quran untuk tingkat SD dan SMP.

Selain itu, rangkaian kegiatan lainnya adalah donor darah, olahraga, fotografi, jalan sehat hingga tabligh akbar. “Dengan rangkaian kegiatan hari ulang tahun, memperkenalkan dan mendekatkan serta memberi informasi lebih lengkap kepada masyarakat,” kata Plt Dirut RS Paru Sidawangi Jabar, dr Lucya Agung Susilawati MARS.

Rencananya, puncak acara akan diadakan pada 21 November mendatang, dengan kegitan peresmian Ruang Rawat Inap Dahlia, Ruang Pelayanan Bronchoscopy, Klinik Pagoda MDR, dan Launching Shuttle SIAP JUARA (Shuttle Internal Antar Pasien Menuju Ridha Allah). Dikabarkan peresmian akan dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat, Muhammad Ridwan Kamil. (Aming)

Komentar

News Feed