oleh

Grandong Datang, Geser Pabrik Penggilingan Padi

INDRAMAYU (CT) – Dengan teknologi yang semakin canggih dengan ditopang pemikiran yang instan, berbagai alat dibuat dan cara pun dilakukan. Salah satunya yang sekarang sedang menjadi tren adalah grandong. Grandong sendiri adalah sebuah mesin penggiling padi yang dilakukan secara keliling atau lebih singkatnya mesin penggiling padi keliling, Jum’at (26/12).

Misalnya saja di Desa Tugu, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu terhitung sudah ratusan grandong yang beroperasi di wilayah tersebut dan sekitarnya. Dengan munculnya grandong, diprediksi akan menggeser pabrik mesin penggiling padi.

Wartono pemilik grandong mengatakan baik warga Desa Tugu maupun sekitarnya sudah lebih memilih beralih memakai grandong. Pasalnya, mereka tidak perlu bersusah payah harus mendatangi pabrik penggiling padi.

“Kalau harganya sih sama sekitar Rp. 300 perkilonya, akan tetapi sudah banyak warga yang akhir-akhir ini lebih memilih memakai jasa grandong dibanding pergi ke pabrik mesin penggiling padi, sekarang sudah terhitung ratusan yang memiliki grandong dikarenakan banyaknya permintaan warga yang terus meningkat,” kata dia.

Banyak warga beralasan, jasa grandong memudahkan warga, menghemat biaya dan tidak terlalu membuang waktu banyak, dikarenakan di sekitar mereka hanya baru ada beberapa pabrik mesin penggiling padi. (CT-112)

BACA JUGA:   Muslimat NU Kuningan Ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed