oleh

Grage Group Akan Gelar Turnamen Basket 3X3 Dalam Mal

Citrust.id – Grage Group berkolaborasi dengan ROCCA dan SBA akan menggelar turnamen basket dalam mal “3X3 Basketball Challenge”. Pembukaan turnamen dilaksanakan 29-31 Maret di Grage City Mall, Cirebon.

CEO ROCCA, Juliany Nurdin, menjelaskan, ROCCA bersama SBA, promotor event dan hiburan, memiliki misi membangun karakter bangsa sekaligus mendorong perekonomian melalui olahraga.

Dikatakan Juliany, 3X3 Basketball Challenge merupakan gelaran pembuka Cirebon Sport Series 2019. Rangkaian kegiatan olahraga tersebut terdiri dari 3X3 Basketball Challenge, Cirebon 10 Miles, Ciremai 100 Miles, Cirebon Bebek Underbone, dan Ciremai Trails.

Cirebon Sport Series 2019 menggunakan pendekatan Sports Tourism. Perpaduan antara wisata dan olahraga itu mendukung kebijakan pemerintah dalam meningkatkan perekonomian lewat sektor ekonomi kreatif.

Juliany menerangkan, Sports Tourism menimbulkan sejumlah dampak positif. Dampak tersebut antara lain, membuka peluang lapangan kerja baru, menularkan virus gaya hidup sehat, memberikan kontribusi ekonomi daerah, membentuk citra dan identitas bangsa, dan sumber daya yang terbarukan.

“Grage Group sangat mendukung konsep Sports Tourism sebagai strategi pengembangan bisnisnya,” ujarnya, Senin (11/3/2019).

Komisaris Grage Group, Bamunas S Boediman, mengatakan, ke depan, bisnis yang dilakukan secara konvensional akan tertinggal. Untuk itu, Grage Group melakukan sejumlah terobosan agar bisa survive. Salah satunya melalui Sport Tourism.

Sport Tourism dapat mendatangkan orang ke Kota Cirebon sehingga muncul perputaran uang yang mendukung ekonomi masyarakat.

“Inilah bentuk ekonomi kreatif kami melalui olahraga. Mari bersama memajukan olahraga sekaligus membangun Kota Cirebon,” ucapnya.

Kepala Sub-Bidang 3×3 Perbasi, Anthony Gunawan, menjelaskan, regristrasi 3X3 Basketball Challenge dilakukan secara online. 3X3 Basketball Challenge terbagi jadi tiga kategori.

Kategori pertama diikuti kategori putra usia 18-30 tahun, kategori putra 30 tahun ke atas, dan kategori putri 18 tahun ke atas. Pemain asing maupun pemain profesional boleh ikut bermain di 3X3 Basketball Challenge

BACA JUGA:   Anak Kampung Mbaca Antusias Belajar Alat Musik Tradisional

Ia yakin, olahraga basket 3X3 bisa makin berkembang di Kota Cirebon. Apalagi Kota Cirebon punya fasilitas yang mendukung untuk gelaran basket 3X3. Ke depan, 3X3 Indonesia bisa bekerja sama dengan Perbasi Kota Cirebon untuk mengemas sejumlah event basket 3X3.

“Tidak menutup kemungkinan, turnamen basket 3X3 jadi event rutin di Kota Cirebon sehingga memunculkan berbagai klub basket 3X3,” ungkap Anthony.

Makki Parikesit dari ROCCA-SBA mengutarakan, perlengkapan pertandingan 3X3 Basketball Challenge di Grage City Mall berstandar Federasi Basket Internsional atau Federation Internationale de Basketball (FIBA). Lapangan, bola maupun perlengkapan skor sudah berstandar internasional.

“Bahkan, tipe lapangan 3X3 Basketball Challenge di Grage City Mall sama persis dengan yang digunakan pada Asian Games lalu. Secara eksisting, lapangan tersebut akan pertama kali dipasang di Cirebon,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KONI Kota Cirebon, Wati Musilawati, menyambut baik 3X3 Basketball Challenge yang digelar Grage Group bersama ROCCA dan SBA. Olahraga basket di Kota Cirebon telahenunjukkan perkembangan yang signifikan.

“Kota Cirebon kerap jadi tuan rumah kompetisi basket nasional. Sedangkan pada Porda tahun lalu, cabor basket berhasil meraih medali perak,” katanya. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed