oleh

Gerakan Pramuka Pangkalan SDN Mega Eltra Kunjungi Perpustakaan 400

Cirebontrust.com – Puluhan anggota Pramuka Pangkalan SDN Mega Eltra, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon menyempatkan diri dalam mengisi hari Pramuka ke 56 dengan menyelenggarakan perkemahan, Minggu-Senin di halaman sekolah SDN Mega Eltra, dibuka oleh kepala sekolah, Abdul Kadir, S.Pd selaku ka Mabigus.

Menurut, Titi salah satu guru SDN Mega Eltra kegiatan perkemahan selain memeriahkan hari Pramuka, perkemahan juga membuat kegiatan penerimaan anggota penggalang dan siaga.

Selain itu, pada hari senin pagi peserta perkemahan menggelar upacara peringatan hari pramuka ke 56, dilanjutkan berkunjung ke perpustakaan 400 Kota Cirebon dengan berjalan kaki.

Dikatakannya, seluruh peserta sangat antusias terhadap kegiatan kunjungan tersebut. Kunjungan dari Gerakan Pramuka SDN Mega Eltra, disambut hangat oleh pihak Perpustakaan 400, kunungan itu diharapan mampu meningkatkan minat baca tulis anak sejak pendidikan dasar.

“Harapan pihak lembaga Perpus, yakni bisa membangun budaya literasi yang saat ini kesadaran akan hal itu sangat rendah,” jelasnya.

Menurutnya, para pembina pramuka sendiri berkeinginan selain dapat meningkatkan budaya membaca anak, pihaknya juga mengharapkan bisa bekerjasama dalam mewujudkan perpustakaan yang baik di sekolah yang masih minim dan kurang tertata, seperti adanya bantuan dari pihak perpustakaan 400.

“Semoga kujungan ini, pihak lembaga perpustakaan bisa bekerjasama dalam membenahi perpustakaan yang ada di lembaga kami,” tuturnya.

Secara terpisah, Rosyid salah satu peserta kunjungan tersebut mengaku merasa senang akan kegiatan tersebut, karena buku bacaan anak di perpustakaan 400 sudah cukup lengkap.

Dalam perjalanan dari sekolah ke perpustakaan, peserta dibimbing oleh beberapa anggota pramuka dari Racana Syekh Nurjati-Nyi Mas Rarasantang yang sedang melakukan Rencana Tindak Lanjut (RTL) kursus Pembina tingkat mahir dasar atau biasa disingkat KMD yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka IAIN Syekh nurjati Cirebon tahun 2017.

BACA JUGA:   Penjual Es yang Ditangkap Densus 88 Diduga Terlibat Jaringan JAD

Meskipun udara yang panas, namun terlihat semangat para peserta tidak tergoyahkan. Dengan kegiatan ini, diharapkan bisa menjadi pelajaran yang berharga bagi anggota pramuka, khususnya anggota pramuka pangkalan SDN Mega Eltra sendiri, untuk mencetak generasi penerus bangsa yang berkarakter. (Asna)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed