oleh

GenBI, Penyebar “Virus-Virus” Bank Indonesia

CIREBON (CT) – Generasi Baru Indonesia atau yang lebih akrab disebut GenBI, merupakan sekelompok mahasiswa yang dipilih khusus untuk menerima beasiswa dari Bank Indonesia selama satu tahun penuh. Dalam prosesnya, GenBI bertransformasi menjadi perpanjangan tangan dari bank pemerintah tersebut.

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Cirebon, M. Abdul Majid Ikram mengungkapkan, GenBI merupakan penyebar “virus-virus” Bank Indonesia untuk mengomukasikan tugas dan fungsi pokok, serta fungsi sosial dari Bank Indonesia.

Setiap tahunnya, GenBI selalu berganti personel. Dalam proses perekrutan, GenBI dipilih berdasarkan skill komunikasi dan kepekaan sosial yang tinggi daripada mahasiswa di Kampus Negeri. Setiap tahunnya pula, para personel GenBI mendapat beasiswa untuk meneruskan studinya sebesar Rp 6 juta selama satu tahun.

“Tentu perekrutannya kita ketat ya, selain dari IP yang harus tinggi dan dari keluarga yang kurang mampu, calon personel GenBI juga harus memiliki skill komunikasi yang baik, serta mempunyai kepekaan terhadap masalah sosial yang ada di lingkungannya,” terang Majid, Kamis (01/07).

Nantinya, Bank Indonesia juga menyelenggarakan talent scout yang membuat para mahasiswa memiliki kesempatan menjadi bagian langsung dari Bank Indonesia. Mempekerjakan mahasiswa dengan sistem seperti itu, dikatakan Majid, lebih efektif walaupun tak menutup kemungkinan BI membuka lowongan pekerjaan dari jalur lain.

“Pokoknya GenBI ini penyebar ‘virus-virus’ Bank Indonesia, mereka mensosialisasikan tugas pokok BI serta melakukan kegiatan sosial yang implikasinya langsung ke masyarakat golongan menengah ke bawah,” terang Majid. (Wilda)

BACA JUGA:   Geber Tingkatkan Pariwisata, Pemkot Cirebon Tata Belasan Titik

Komentar

News Feed