oleh

Dua Poin Penting yang Harus Dibenahi Dunia Pendidikan Indonesia

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Pada momentum Hari Pendidikan Nasional yang selalu diperingati setiap 2 Mei, ada dua hal yang perlu dibenahi dalam dunia pendidikan Indonesia. Pertama, guru. Kedua, peserta didik. Demikian menurut Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini.

Sekretaris Jenderal Sekjen) FSGI, Retno Listyarti, mengungkapkan bahwa Indonesia masih memerlukan pentingnya peningkatan kualitas guru dengan program jelas, terukur dan berkualitas. Program peningkatan kualitas yang selama ini ditekankan pemerintah masih belum jelas dan efek yang didapatkan belum terlihat.

Sedangkan untuk peserta didik, program menciptakan sekolah aman dan nyaman untuk peserta didik masih belum jelas. Hal ini karena program tersebut hanya sekedar regulasi saja di lapangannya. Karena kekerasan di sekolah masih terus terjadi hingga saat ini.

Sekadar informasi, Ujian Kompetensi Guru (UKG) merupakan salah satu program pemerintah dalam memetakan kondisi guru yang kemudian untuk meningkatkan kualitasnya. Hasil UKG yang dimiliki para guru menjadi referensi pemerintah untuk memperbaiki mutu guru melalui modul dan pelatihan yang sesuai.

Kemudian pemerintah juga memiliki program sekolah aman kekerasan. Program ini bertujuan mencegah dan menanggulangi tindakan kekerasan sekolah, baik yang dilakukan peserta didik, guru dan sebagainya. Peserta didik tidak perlu takut untuk melaporkan segala tindakan kekerasan yang dialaminya. (Net/CT)

BACA JUGA:   Polisi Tangkap Kurir Narkoba di RS Permata

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed