oleh

DPUTR Kota Cirebon Siapkan Tim Khusus untuk Tangani Genangan Air

Citrust.id – Pemerintah Daerah Kota Cirebon melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) meningkatkan intensitas pemeliharaan drainase, menjelang datangnya musim hujan.

Hal itu dilakukan guna memastikan drainase siap dialiri air dengan debit lebih tinggi dibanding sebelum musim hujan. Setidaknya dapat mengurangi potensi luapan air ketika intensitas hujan tinggi.

Kepala DPUTR Kota Cirebon, Syaroni ATD. MT, menuturkan, prioritas pemeliharaan drainase diantaranya di ruas Jalan Cipto Mangunkusomo dan Jalan Terusan Pemuda. Di ruas jalan tersebut sering terjadi genangan air saat musim hujan.

“Ini sebagai langkah antisipasi terjadi genangan air di badan jalan pada ruas yang sering terjadi genangan,” kata Syaroni, Kamis (30/9).

Pemeliharaan yang dilakukan meliputi membersihkan gorong-gorong, penyedotan lumpur dan membersihkan sampah yang menutupi drainase. Hampir semua drainase yang rawan genangan sudah dibersihkan.

Menurut Syaroni, saat musim hujan, tidak ada ruas jalan di Kota Cirebon yang banjir, melainkan hanya ada genangan air. Jika banjir, air surut lebih dari sehari. Sedangkan genangan air surut dalam hitungan jam.

“Kami juga telah menyiapkan tim khusus, saat terjadi genangan air pada musim hujan. Hal itu berkaitan dengan instruksi walikota Cirebon tentang siaga bencana di musim hujan,” katanya.

Syaroni menambahkan, ia terbuka menerima pengaduan dari masyarakat terkait infrastruktur di Kota Cirebon. Baginya, kenyamanan adalah prioritas utama yang diberikan sebagai pelayan masyarakat.

“Kalau ada keluhan terkait infrastruktur, kami siap turun memperbaiki,” katanya. (Haris)

 

Komentar

News Feed