oleh

Disdukcapil Majalengka Temukan KTP-El Palsu

Citrust.id – Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Majalengka menemukan sejumlah KTP-el palsu alias tidak terdaftar di Sistem Informasi Angka Kependudukan (SIAK ) Kementerian Dalam Negeri.

Kepala Disdukcapil Tatang Rahmat melalui Kasi Sistem Informasi Angka Kependudukan (SIAK), Abu Sholeh Mulyana, mengatakan, penemuan sejumlah KTP palsu tersebut berdasarkan laporan dari warga yang sengaja datang ke kantor untuk melakukan klarifikasi. Warga mengeluh KTP-el yang dimilikinya tidak bisa diakses ketika akan membuat kartu BPJS.

Setelah diteliti dan nomor kependudukannya dilihat, ternyata nomor induk mereka tidak tertera. Sehingga Disdukcapil memastikan KTP yang dimiliki tersebut adalah palsu.

“Dari Desember 2018 sampai sekarang ini ada lima KTP-el palsu yang sudah terdata , kami berupaya membuka data KTP-el mereka dengan memasukan mesin samkat. Ternyata hasilnya kosong, tidak tertera nama ataupun nomor induk kependudukan tersebut,” ujar Abu, Kamis (28/2/2019).

Kepastian KTP-el palsu tersebut juga bisa dilihat dari kartunya yang warna birunya memudar dan berelwarna agak ke kuning-kuningan. Selain itu, tulisan identitas serta foto pemilik juga tidak terbaca dengan jelas.

Pencetakan KTP-el tersebut dipastikan bukan dilakukan di Disdukcapil. Kemungkinan ada yang mencetak dengan cara memalsukan.

“Kami belum mengetahui secara pasti dimana mereka memesan KTP-el tersebut jika benar itu palsu. Setiap 2 pekan sekali kami memusnahkan KTP yang rusak atau perubahan data adminduknya,” ujar Abu.

Disdukcapil meminta kepada masyarakat yang akan membuat KTP-el, KK atau akta untuk langsung datang ke kantor Disdukcapil, jangan melalui perantata.

“KTP-el berlaku seumur hidup. Walaupun tercantum sampai 2017, tapi tetap berlaku. Artinya, tidak perlu lagi memperpanjang KTP-el kecuali ada perubahan data yang signifikan,” pungkasnya. (Abduh)

BACA JUGA:   Seluruh PDP di Majalengka Dinyatakan Sembuh

Komentar

News Feed