oleh

Dirut BIJB Usulkan Perpanjangan Runway Agar Menampung Pesawat Terbesar A 380

Majalengkatrust.com – Dirut PT BIJB Virda Dimas Ekaputra mengatakan, Presiden Jokowi sudah menulis di status facebooknya kalau ingin melihat A 380 mendarat, lihatlah di Kertajati.

“Kami usulkan perpanjangan runway jadi 3000 meter dari sekarang 2500 meter dan kalau Pak Presiden ingin pesawat A 380 bisa mendarat di Kertajati, panjang runway minimal harus 3500 meter,” kata Virda saat paparan kepada rombongan Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto, Selasa (24/10) di Kantor KSO BIJB di Kertajati Kabupaten Majalengka.

“Tagline kami ‘a gateway withaout boundaries’. Bandara luasnya 1800 hektare setara dengan Soetta dan kawasannya 3.400 hektare dengan kemampuan menampung penumpang 29 juta per tahun,” ungkap Virda.

Dikatakan dia, Paket penunjang infrastruktur sudah 90 persen dan terminal utama sudah 50 persen yang targetnya bulan depan selesai.

“30 rute penerbangan termasuk rute haji dan umroh, target penumpang 2018 sebesar 7 juta penumpang. Kami mendapatkan amanah tahun depan untuk penerbangam haji,” jelas dia.

Virda mengungkapkan beberapa keunggulan BIJB itu akses Tol, terutama setelah terhubung dengan Cisumdawu dan Cigatas dan kereta cepat Bandung-Jakarta akan terkoneksi dengan Bandara di Kertajati.

“Koneksivitas laut kita bisa dengan Patimban dan Cirebon, ini akan menjadi keunggulan di Kertajati. Dampak ekonomi akan menjadi pemerataan pembangunan dengan adanya Metropolitan Cirebon Raya, Bandung Raya dan Sebelumnya Bogor Raya,” ungkap dia.

Virda mengungkapkan bandara Kertajati akan menyerap 154.000 pekerja dan adanya substitusi impor dengan produk yang dibuat di Aerocity.

Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto mengatakan BIJB merupakan objek vital dan hubungannya dengan kepolisian yaitu tentang Kamtibmas. Diharapkan akan bermanfaat bagi masyarakat dan mendongkrak perekonomian

“Ke depan di objek vital ini harus ada Polsek Bandara dan harus dipersiapkan dari sekarang untuk kamtibmas di Bandara,” ungkap Kapolda.

BACA JUGA:   KPK Kembali Sita Aset Sunjaya

“Bisa dilakukan survei dengan Kapolres dan era digital security ratusan CCTV bisa terkoneksi dengan Polsek. Saya harapkan Bandara Kertajati Menjadi Percontohan,” tegas Kapolda. (Abduh)

Komentar

News Feed