oleh

Diguyur Hujan Selama 6 Jam, Jalan dan Puluhan Rumah di Kanci Kulon Terendam Banjir

Cirebontrust.com – Diguyur hujan selama 6 jam tanpa henti, jalan poros dan puluhan rumah Desa Kanci Kulon, Blok Kibuyut, Desa Kanci Kulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon terendam banjir‎, Jumat (02/12).

Banjir diakibatkan luapan air dari saluran irigasi, lantaran tidak bisa menampung tingginya debit air karena hujan deras selama 6 jam. Selain itu, meluapnya air dari saluran tersebut, akibat hilirnya terbendung oleh double track kereta api, sehingga aliran air tersendat, yang mengakibatkan saluran irigasi tersebut tidak bisa menampung debit air.

“Di sini memang sudah langganan, kalau hujan pasti banjir. Faktornya drainase tidak berfungsi dengan baik. Ini masuk rumah semua. Untuk meminimalisir air yang masuk, saya sampai membendung dengan pohon pisang di depan gerbang rumah,” terang Chandra, warga setempat.

Sementara, pihak Pemerintah Desa (Pemdes) membenarkan, bahwa wilayah tersebut memang langganan banjir. Pihaknya pun mengaku sudah melakukan koordinasi dengan PT. KAI, untuk memintai pertanggungjawaban sekaligus solusi.

‎”Saya diutus kuwu, kemarin sudah ketemu dengan pihak PT. KAI, dan katanya siap kontrol ke TKP. Kami tidak mau gegabah, karena saluran ini milik PT. KAI. Mohon sabar, Insya Allah selesai survei dan dinyatakan aman, akan langsung dilakukan pengerukan,” terang Robet Alamsyah, Perangkat Pemdes Kanci Kulon.

Saat ini, setelah hujan reda, air banjir berangsur surut. Warga pun terlihat membersihkan lumpur bekas air banjir yang masuk ke rumah. (Riky Sonia)

BACA JUGA:   Generasi Muda Desa Jambar Adakan Tabligh Akbar dan Lomba Islami

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed