oleh

Digelar Dua Hari, “Cirebon Job Fair” Buka 868 Lowongan Kerja

Cirebontrust.com – Sebanyak 20 perusahaan dari dalam dan luar Kota Cirebon, mengikuti Cirebon Job Fair atau Bursa Kerja Cirebon yang diadakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), kerjasama dengan Disnakertrans Provinsi Jawa Barat, di Gedung Korpri, Jalan By Pass, Kota Cirebon.

Kepala Disnakertrans Kota Cirebon, Ferdinand Wiyoto mengungkapkan bursa kerja Cirebon digelar selama dua hari, yakni 18-19 Juli 2017.

Perusahaan yang mengikuti kegiatan tersebut, bergerak di bidang perbankan, kesehatan, perhotelan, perdagangan, dan lain-lain.

Jumlah lowongan kerja yang dibuka sebanyak 868 lowongan kerja yang terdiri dari 698 lowongan kerja untuk di dalam negeri dan 170 lowongan kerja untuk penempatan di luar negeri.

Dijelaskan Ferdinand, pelaksanaan Bursa Kerja Cirebon dilatarbelakangi oleh ketidakseimbangan pasar kerja antara persediaan dan kebutuhan yang mengakibatkan penyerapan angkatan kerja relatif terbatas.

Rendahnya tingkat penguasaan dan pengakuan kompetensi kerja juga berpengaruh pada sulitnya pencari kerja untuk memenuhi kualifikasi yang diminta pengguna tenaga kerja.

Selain itu, persediaan tenaga kerja atau pencari kerja dengan kebutuhan kerja yang sesuai sering tidak dapat dipertemukan lantaran kurangnya informasi, komunikasi, dan tidak berjalannya mekanisme yang sempurna dalam pasar kerja.

Oleh karena itu, kata Ferdinand, bursa kerja ini mempertemukan para pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja atau perusahaan dalam satu tempat.

Para pencari kerja diberi fasilitas untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan profesionalisme, keterampilan, bakat, dan minat yang dimiliki.

Hal itu juga membantu perusahaan mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas, terampil, dan profesional sesuai kebutuhan perusahaan.

“Diharapkan melalui kegiatan ini banyak menyerap tenaga kerja sehingga mengurangi jumlah pengangguran,” pungkasnya. (Haris)

BACA JUGA:   Penutupan Gunung Ciremai Diperpanjang

Komentar

News Feed