oleh

Dibantu Program JKN-KIS, Meliana Jalani Rawat Jalan Dengan Tenang

Citrust.id – Menjadi Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia (JKN-KIS) merupakan kewajiban sebagaimana diamanatkan peraturan perundang-undangan. Selain itu, dengan paham akan hak dan kewajiban sebagai peserta JKN-KIS dan membayar iurannya secara rutin setiap bulannya, dapat membantu Peserta JKN-KIS lainnya yang membutuhkan pelayanan.

Dengan sistem gotong-royong yang digunakan dalam penyelenggaraannya, banyak masyarakat yang merasa terbantu adanya Program JKN-KIS.

Salah satu masyarakat yang merasakan manfaat dari adanya Program JKN-KIS ialah Meliana Dewi, (38 tahun), warga Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon. Ia merupakan Peserta JKN-KIS segmen Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU). Meliana dan suaminya telah merasakan manfaat menjadi peserta JKN-KIS semenjak terdaftar pada awal 2016 lalu.

Meliana Dewi menggunakan manfaat Program JKN-KIS untuk melakukan terapi hormon setiap bulannya. Sebelumnya, Meliana telah melakukan 6 kali kemoterapi sejak tahun 2016 untuk menyembuhkan kanker (Ca Mamaae) yang pernah ia derita. Selain menggunakan manfaat JKN-KIS untuk rawat jalan pascapengobatan kanker, Meliana dan keluarganya juga sering menggunakan manfaat JKN-KIS untuk berobat di Puskesmas Winong apabila ia atau anggota keluarganya sakit.

“Program JKN-KIS sangat membantu sekali. Saya tidak perlu khawatir dengan biaya yang harus saya keluarkan. Pelayanannya bagus. Selama beberapa tahun ini, saya merasa terbantu dengan adanya program JKN-KIS ini, pelayanan yang diberikan pun sangat baik” ungkap Meliana Dewi, Selasa (29/1/2019).

Sebagai peserta JKN-KIS yang telah merasakan manfaat adanya Program JKN-KIS, Meliana Dewi menyampaikan harapannya terhadap Program JKN-KIS. Ia berharap, program JKN-KIS dapat dikelola secara berkesinambungan dan dapat terus ditingkatkan lagi.

Banyak masyarakat sangat terbantu tanpa memikirkan biaya yang besar apabila sakit karena sudah ditanggung oleh program JKN-KIS. Ia juga berpesan kepada Peserta JKN-KIS lainnya, agar dapat membayar iuran secara rutin setiap bulannya. Iuran yang dibayarkan membantu peserta lain yang membutuhkan.

BACA JUGA:   Pelantikan Presiden Lancar, Tokoh Agama Apresiasi TNI dan Polri

“Terima kasih JKN-KIS,” ungkapnya. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed